PERANCANGAN FLAP BOOK SEBAGAI SARANA PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL INDONESIA UNTUK ANAK USIA 7-10 TAHUN

  • CITRA RAHMAWATI

Abstract

ABSTRAK

Permainan Tradisional adalah kegiatan yang berkembang dari kebiasaan turun-temurun dalam sekelompok masyarakat tertentu dengan menggunakan peralatan sederhana yang mengandung nilai pendidikan maupun budaya. Hal ini berbeda dengan kenyataan pada era globalisasi, yaitu permainan pada handphone lebih mendominasi kegiatan bermain anak, sehingga anak kehilangan interaksi sosial yang secara tidak langsung dapat merusak mental dan intelektual anak. Sebagai langkah alternatif dalam mengenalkan anak-anak pada permainan tradisional kembali perlu adanya media yang edukatif dan menarik bagi anak untuk mengenal permainan tradisional. Media yang dipilih adalah lift the flap book atau sering disebut dengan flap book, Flap book adalah buku berjendela yang terdapat gambar dan informasi dibaliknya. Sehingga buku tersebut disamping memberikan pengetahuan tetapi juga menarik untuk dibaca dan dapat memancing respon motorik anak. Perancangan Flap Book ini diawali dengan mencari informasi mengenai permainan tradisional Indonesia dari berbagai sumber. Informasi yang telah terkumpul dipilah melalui proses analisis existing dan 5 W 1 H. Hasil analisis selanjutnya digunakan sebagai strategi perancangan buku kumpulan 10 permainan tradisional Indonesia. Proses visualisasi desain menggunakan Software Paint Tool Sai dan Adope Photoshop. Terakhir adalah penyajian, yaitu proses perakitan dan penjilidan buku. Buku terlebih dahulu melalui tahapan validasi untuk menilai kelayakan buku terkait materi dan desain sebelum dipublikasikan. Sebagai pendukung dalam meningkatkan promosi buku, media yang dipilih yaitu, poster, mini x-banner, merchandise dan video interaktif. Flap Book 10 permainan tradisional dapat dijadikan media pembelajaran yang efektif bagi anak.

 

Kata Kunci : Permainan,  Budaya, Permainan Tradisional Indonesia, Media Interaksi

 

ABSTRACT

Traditional games are activities that evolve from hereditary habits in a particular group of people using simple tools and contain of educational and cultural values. It is different from the reality in the globalization era; the games on the mobile phone are more dominating children play activities, so that children lose social interaction in which it can indirectly damage the mental and intellectual of the children. An alternative way of introducing children to the traditional game is the needed of an educative and interesting media for children to know the traditional game. The selected media is the flap book lift or often called as a flap book. A flap book is a windowed book with images and information behind it. Besides providing knowledge, the book is also interesting to be read and it can provoke children motor response. The design of this Flap Book was begun with finding information about traditional Indonesian games from various sources. The information collected was sorted through the existing analysis process and 5W 1H. The results of analysis is used for designing strategy for the books  of 10 traditional Indonesian games. The design visualization process uses the Sai Paint Tool Tool and Adope Photoshop CS4. The last, is the process of assembling and binding books. The book is through the validation to assess the appropriateness of books regarding material and design before publication. As a supporter in promoting book the media is posters, mini x-banners, merchandise and interactive video. Flap Book 10 traditional games can be an effective learning media for children.

 

Key Words : Games, Culture, Traditional Games of Indonesian, Interactive Media.

Published
2018-01-23
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 277