PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF “PUSH PULL SPIN’ CERITA RAKYAT ASAL MULA CANDI BAJANGRATU

  • ALFI INDAH RESTUTI

Abstract

Abstrak

Berbagai peninggalan-peninggalan Kerajaan Majapahit yang disebut dengan warisan budaya terbagi menjadi dua yaitu warisan budaya bendawi dan warisan budaya tak bendawi. Menggabungkan kedua jenis warisan budaya tersebut, yaitu cerita rakyat yang berkaitan dengan salah satu cagar budaya Kerajaan Majapahit (Candi Bajangratu) buku ini dibuat. Dengan judul “Buku Interaktif Push-Pull-Spin Cerita Rakyat Candi Bajangratu bagi Anak-anak”.  Anak-anak dipilih sebagai target utama perancangan karena dianggap sesuai untuk menanamkan pengetahuan mengenai warisan budaya tersebut. Buku cerita mengenai asal mula candi Bajangratu yang sudah terlebih dahulu diproduksi hanyalah sebatas penjabaran secara verbal saja dan kurang mampu menarik anak-anak. Sehingga untuk membuat sebuah buku tersebut menarik dan menyenangkan dipilihlah perancangan buku alternatif berupa buku interaktif push-pull-spin. Tidak hanya terdapat unsur visualisasi yang dapat membuat anak-anak lebih mudah berimajenasi tentang peristiwa yag disampaikan. Buku ini juga dilengkapi dengan metode interaktif yaitu fitur push-pull-spin. Jenis perancangan ini adalah perancangan dengan produk yang dihasilkan yaitu buku interaktif push-pull-spin cerita rakyat “Asal Mula Candi Bajangratu”. Dimulai dari pengumpulan data, identifikasi data, analisis data, konsep, visualisasi dengan tahapan thumbnail, tight tissue, desain final yang selanjutnya melalui proses validasi karya, penerapan desain final dan pengambilan kesimpulan. Perwujudan buku interaktif push-pull-spin cerita rakyat “Asal Mula Candi Bajangratu” ini berukuran 20x20cm dengan ketebalan 3 cm. Menggunakan 2 jenis kertas yaitu kertas ivory 300gram dan kertas sticker. Kertas sticker digunakan sebagai lapisan bagian luar pada tiap halaman dan juga cover. Sedangkan kertas ivory 300 gram digunakan sebagai lapisan dasar/ketebalan pada tiap halaman yang didalamnya terdapat fitur push-pull-spin. Buku ini juga dilengkapi dengan media pendukung berupa packaging, poster, stiker, botol minuman, display karakter, gantungan kunci dan totebag.

Kata Kunci: Buku interaktif, fitur push-pull-spin, cerita rakyat Candi Bajangratu, Kerajaan Majapahit

 

Abstract

Many historical heritages of Majapahit were devided into two forms, relics ad literatures. The interactive book was combined both sides of the heritage. Young people were chosen as the research subject because of their age stage which appropriate to ecknowladge the history. The common folklore story book is only explain verbally and less interactive for the pupils. Based on the reason, the researcher designed the interative book to increase the young student’s interest. The book consist of not only visual aspect but also interactive feature such as push-pull-spin which ease the young learner to imagine the history. This kind of design the interactive book under the tittle The Legend of Bajangratu Tample which has push-pull-spin feature. The stages were data collection, data identification, data analysis, concept, visualisation of thumbnail stage, tigh tissue, final design and validation, application of final design, and conclusion. The size of Interactive book push-pull-spin The Legend of Bajangratu Tample is 20x20cm and thickness 3 cm. It was printed on two kind of papers, ivory 300 grams and sticker. The sticker paper was used for the outer layer of each page and the cover, while push-pull-spin feature was designed on the ivory 300 grams. This book was complete with media support packaging, poster, bottle, stickers, display character, key chain and totebag.

Keywords: Interactive book, push-pull-spin feature, the folklore The Legend of Bajangratu Tample, Majapahit Kingdom.

Published
2018-01-23
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 114