PENGEMBANGAN PAPERCRAFT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ALAM SEMESTA PADA ANAK KELOMPOK B TK KARTIKA IV-89 BANGKALAN

  • CHRYSTA VITASARI JASMINE
  • MARSUDI

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media dalam proses belajar mengajar pada kelompok B TK Kartika IV-89 Bangkalan. Proses belajar mengajar di dalam kelas tidak sepenuhnya didukung dengan media yang menarik, sehingga siswa mudah merasa bosan terhadap pembelajaran. Salah satunya pada tema alam semesta (benda langit) yang tidak didukung dengan alternatif media pembelajaran yang semestinya, untuk itu peneliti mengembangkan media pembelajaran tema alam semesta (benda langit) dalam bentuk papercraft. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Proses pengumpulan data penelitian dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket atau kuesioner. Sedangkan teknik analisis data dalam bentuk reduksi dan penyajian data. Proses pengembangan media pembelajaran papercraft alam semesta (benda langit), yaitu diawali dengan analisis siswa dan kurikulum yang digunakan, kemudian menentukan konsep pengembangan, baik konsep kreatif maupun konsep visual. Kemudian membuat desain media papercraft dengan mempersiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan, membuat sketsa/thumbnail. Sketsa/thumbnail yang sudah jadi kemudian diwujudkan dalam bentuk vektor dan diberi warna sesuai dengan konsep, menggunakan aplikasi coreldraw X7. Desain yang sudah dicetak kemudian dirangkai menjadi media guru dan media siswa sesuai konsep. Media ini diterapkan pada kelompok B TK Kartika IV-89 Bangkalan. Pada uji coba pertama dilakukan dengan 7 orang siswa dan diperoleh hasil persentase sebanyak 82,1% dan pada uji coba pemakaian dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang siswa diperoleh hasil persentase sebanyak 93,8%. Dengan demikian penerapan media ini sangat efektif, dan siswa sangat antusias dalam melakukan setiap kegiatan dengan media papercraft.
Kata kunci: Papercraft, Media, Pengembangan, Alam Semesta, Benda Langit
Published
2018-10-29
Abstract Views: 193
PDF Downloads: 705