PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR “AYO MENANAM SAYURAN” PADA ANAK TUNA GRAHITA KELAS VI SLBN CERME

  • AHMAD RIZAL AZDKA
  • NUNUK GIARI MURWANDANI

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media dalam proses belajar mengajar pada anak tuna grahita kelas VI SLBN Cerme. Proses belajar mengajar di dalam kelas membuat siswa mudah merasa bosan terhadap pembelajaran. Salah satunya pada tema tanah (menanam sayuran) dalam bentuk buku cerita bergambar. Media ini merupakan media yang dapat mengelolah aspek dalam diri anak, seperti motorik, kongnitif, dan afektif anak, dengan berbagai kegiatan di dalam pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana langkah-langkah pengembangan buku cerita bergambar sebagai media pembelajaran pengenalan tanah dan bagaimana aktifitas pemahaman pada pembelajaran dengan menggunakan buku cerita bergambar “ayo menanam sayuran” sebagai media pembelajaran pengenalan (tanah) pada anak tuna grahita kelas VI SLBN Cerme. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembnagan buku cerita bergambar ‘ayo menanam sayuran”sebagai media pembelajaran pengenalan tanah dan untuk mendeskripsikan aktivitas pembelajaran dengan menggunakan buku cerita bergambar “menanam sayuran” sebagai media pembelajaran pengenalan (tanah) pada anak tuna grahita kelas VI SLBN Cerme. Penelitian ini menggunakan metode Reach and Development (R&D). Proses pengumpulan data penelitian dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket atau kuesioner. Sedangkan teknik analisis data dalam bentuk reduksi dan penyajian data. Proses pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar “menanam sayuran”, yaitu diawali dengan analisis siswa dan kurikulum yang digunakan, kemudian menentukan konsep pengembangan, baik konsep kreatif maupun konsep visual. Kemudian membuat desain media buku cerita bergambar dengan membuat sketsa/thumbnail. Sketsa/thumbnail yang sudah jadi kemudian diwujudkan dalam bentuk vektor dan diberi warna sesuai dengan konsep, menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS5. Desain yang sudah dicetak kemudian dirangkai menjadi media sesuai konsep. Proses pengembangan buku cerita bergmbar “menanam sayuran” ini juga diuji validasi media dan validasi materi oleh para ahli media dan materi. Uji validasi media yang pertama memperoleh presentase sebesar 70% dan validasi materi memperoleh presentase 82,2% dengan beberapa revisi agar buku cerita bergambar bisa diteapkan. Hasil dari pengembangan ini berupa media buku cerita bergambar berjudul menanam sayuran yang sudah melalui validasi ke dua dengan memperoleh presentase media sebesar 92% dan materi 97,8% sehingga siap untuk di uji cobakan pada pembelajaran anak tuna grahita kelasVI SLBN Cerme. Media ini diterapkan pada anak tuna grahita kelas VI SLBN Cerme, kriteria yang diamati pada siswa adalah kegiatan siswa dengan media buku cerita bergambar, seperti membaca dan memahami gambar pada media buku cerita bergambar. Uji coba dilakukan dengan empat orang siswa dan diperoleh hasil presentase sebanyak 93,3%. Dengan demikian penerapan media ini sangat efektif, dan siswa sangat antusias dalam melakukan setiap kegiatan dengan media buku cerita bergambar.

Kata Kunci: Buku Cerita bergambar, Tuna Grahita, SLBN

Published
2019-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 60