INFOGRAFIS DAN AUDIO VISUAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI BATIK DI SMAN 1 PULUNG PONOROGO

  • Septian Adi Kesuma Universitas Negeri Surabaya
  • Martadi Martadi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran seni batik pada mata pelajaran Seni Budaya di SMAN 1 Pulung Ponorogo masih kurang
optimal. Hal ini dikarenakan keterbatasan media pembelajaran yang dikembangkan oleh guru. Rumusan
masalah dalam penelitian ini, bagaimana tahapan pengembangan infografis dan audio visual di SMAN
1 Pulung Ponorogo pada materi seni Budaya Kompetensi batik dan bagaimana hasil penerapan
pengembangan media pembelajaran infografis dan audio visual di SMAN 1 Pulung Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (RnD) oleh
Sugiono. Proses pengembangan media pembelajaran ini melalui tahapan identifikasi masalah,
pengumpulan informasi, perancangan desain, validasi desain, perbaikan desain, uji coba serta analisis
hasil uji produk Hasil penelitian pengembangan berupa media pembelajaan infografis dan audio visual
sebagai media pembelajaran seni budaya di SMAN 1 Pulung Ponorogo. Validasi media dilakukan oleh
Asidigisianti Surya Patria, S.T ., M.Pd. dengan persentase 80,3% pada media infografis dan 96,8% pada
media audio visual, validasi materi dilakukan oleh Fera Ratyaningrum, S.Pd., M.Pd. dengan persentase
52,9% pada media infografis dan 75% pada media audio visual. Kemudian dilakukan perbaikan dengan
persentase 100% pada semua media. Dengan demikian media ini efektif untuk digunakan dalam proses
pembelajaran Seni Budaya Kompetensi Dasar batik.
Kata kunci: Batik, Infografis, Audio Visual, SMAN 1 Pulung Ponorogo

Published
2021-07-18