PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK UNTUK SISWA SMP SUNAN GIRI GRESIK

  • Ubaidatur Rohmah Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Zaini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Belum adanya penggunaan media dalam pembelajaran seni budaya di SMP Sunan Giri Gresik, khususnya pada materi menggambar flora dan fauna menjadi latar belakang dilakukannya pengembangan media pembelajaran menggunakan pop-up book. Pengembangan media pembelajaran menggambar flora dan fauna dilakukan agar pembelajaran bisa lebih efektif. Pembuatan media pop-up book diawali dari proses pembuatan desain atau layout materi hingga ke tahap pencetakan. Setelah selesai dicetak, pop-up book diuji cobakan kepada siswa kelas VII di SMP Sunan Giri Gresik. Pengembangan media pembelajaran berbentuk pop-up book dipilih agar peserta didik bisa mempelajari tahapan dalam menggambar flora maupun fauna secara mandiri. Pop-up book dipilih karena ketika dibuka bisa menunjukkan kesan tiga dimensi sehingga bisa merangsang kreativitas peserta didik. Selain itu, ilustrasi di dalam buku bisa membantu peserta didik dalam memahami materi yang dibahas. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) atau metode pengembangan milik Sugiono (2010). Berdasarkan hasil Uji coba kelas besar pada 15 peserta didik, diperoleh skor rata- rata sebanyak 24,53 dengan prosentase 81,7% dan dapat disimpulkan bahwa media po-up book dinyatakan dengan indikator sangat layak.
Keywords: pop-up book, menggambar flora dan fauna, SMP Sunan Giri

Published
2021-07-25