PENERAPAN PEDOMAN OPERASIONAL PRAKTIS TRI-N SEBAGAI TEKNIK MENGGAMBAR ORNAMEN SISWA KELAS X SMKN 12 SURABAYA

  • Daeng Agus Aldo Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Zaini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Proses pembelajaran gambar ornamen kelas X SMKN 12 Surabaya belum menggunakan teknik tertentu dalam proses pembelajarannya, yang menyebabkan kurang maksimalnya penyampaian materi, hal ini berdampak pada pelajaran yang mencakup keterampilan menggambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, hasil, faktor penghambat, dan faktor pendukung pembelajaran menggambar ornamen dengan menggunakan teknik Tri-N. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Hasil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran diawali dengan mempersiapkan saran prasarana, kegiatan pembelajaran dibagi menjadi tiga yaitu kegiatan pembuka guru memberi salam, melakukan absensi, apersepsi, dan motivasi, kegiatan inti guru menyampaikan materi. Proses penerapan teknik Tri-N dimulai dari siswa menentukan contoh gambar dari referensi secara bebas. Siswa meniru sketsa gambar dari referensi, dan siswa wajib menambahkan dan memodifikasi gambar, kegiatan penutup tanya jawab guru dengan siswa, dan salam serta doa. Hasil belajar siswa dalam prosentase 80% memperoleh nilai sangat baik dan 20% memperoleh nilai baik. Faktor penghambat dalam proses pembelajaran gambar ornamen yaitu motivasi pada diri siswa, minat dan keinginan siswa, keadaan pandemi covid yang membatasi segala kegiatan. Dan faktor pendukung dari pembelajaran siswa yaitu nyamannya lingkungan belajar, fasilitas yang bagus dan lengkap, semangat individu siswa untuk belajar keterampilan.
Kata kunci: Pembelajaran Gambar Ornamen, Teknik Tri-N

Published
2021-07-27