PENGEMBANGAN MODUL SENI GRAFIS TEKNIK CETAK TINGGI MENGGUNAKAN ACUAN STYROFOAM DI SMP LABORATORIUM YDWP UNESA

  • cerlina anggraini universitas negeri surabaya
  • marsudi marsudi universitas negeri surabaya

Abstract

Pengembangan bahan ajar yang menarik, kreatif, dan inovatif sangat dibutuhkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Seni Budaya materi Seni Grafis. Untuk membantu meningkatkan kreativitas dan nilai seni budaya, peneliti membuat modul seni grafis teknik cetak tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, hasil dan efektivitas modul pembelajaran seni grafis teknik cetak tinggi menggunakan acuan styrofoam pada peserta didik kelas IX B SMP Laboratorium YDWP UNESA. Penelitian ini adalah penelitian R&D (Research & Development) dengan menerapkan metode kualitatif. Pengumpulan data didapat dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, mengisi angket, serta melakukan validasi modul kepada validator. Hasil validasi dari ahli media memperoleh persentase 94,2 % dan hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase 94,2%. Uji coba modul yang dikembangkan melalui kegiatan pre-test dan post-test pada kelompok besar dengan 15 peserta didik dan uji coba kelompok kecil dengan 5 peserta didik dinyatakan berhasil. Sedangkan hasil dari karya cetak tinggi rata-rata skor pre-test 60 sedangkan skor post-test adalah 83,2 sehingga  modul pembelajaran seni grafis teknik cetak tinggi yang dikembangkan layak digunakan.

Kata kunci : Modul, Seni Grafis, Cetak Tinggi, Styrofoam.

Published
2024-01-17
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 19