PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI DENGAN TEKNIK SCRIBBLE ART DI SMP NEGERI 2 GRESIK

  • Ricky Subekhi Al-Akbar Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Zaini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Menggambar ilustrasi yaitu sebuah visualisasi atau kegiatan yang bertujuan untuk memperjelas ide cerita atau narasi. Menggambar ilustrasi pertama diberikan pada kelas VIII di jenjang SMP. Ada beberapa macam teknik dalam menggambar ilustrasi salah satunya adalah menggambar ilustrasi dengan teknik scribble art menggunakan pensil warna. SMP Negeri 2 Gresik menjadi target penelitian menggunakan teknik ini. Teknik yang tergolong baru dan jarang digunakan, bahkan di SMP Negeri 2 Gresik masih belum pernah menggunakan teknik tersebut. Scribble art merupakan teknik menggambar dengan cara mencoret-coret pada arsirannya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran menggambar ilustrasi dengan teknik scribble art di SMP Negeri 2 Gresik. 2) Mendeskripsikan hasil karya menggambar ilustrasi dengan teknik scribble art di SMP Negeri 2 Gresik. 3) Mendeskripsikan tanggapan siswa dan guru terhadap pembelajaran menggambar ilustrasi dengan teknik scribble art di SMP Negeri 2 Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sumber data diperoleh dari guru seni budaya dan siswa kelas VIII-E SMP Negeri 2 Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket/kuisioner, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, keterlaksanaan pembelajaran, penarikan kesimpulan, dan triangulasi data. Pembelajaran menggambar ilustrasi teknik scribble art dengan bertemakan flora dan fauna dimulai dengan menyiapkan alat dan bahan, membuat sketsa, kemudian masuk dalam tahap pewarnaan dan finishing. Pembelajaran ini menggunakan kertas A4 dan pensil warna classic yang ditujukan pada kelas VIII-E. Berdasarkan kriteria penilaian hasil karya peserta didik dengan kesesuaian tema, gradasi, komposisi, dan proporsi maka di dapat siswa yang mendapat nilai sangat kurang berjumlah 6,66%, kurang berjumlah 16,66%, cukup berjumlah 33,3%, baik berjumlah 36,66%, dan siswa yang mendapat nilai sangat baik berjumlah 6,66%. Berdasarkan respon Guru, bahwa pembelajaran menggunakan teknik ini sangatlah baik karena mengajak siswa untuk belajar dan berkenalan dengan teknik yang belum pernah digunakan pada kegiatan belajar menggambar dan tergolong teknik yang unik dengan hasil yang memuaskan. Respon siswa melalui angket yaitu peserta didik mengungkapkan bahwa pembelajaran menggambar menggunakan teknik scribble art ini sangatlah mudah untuk dipelajari dan dipahami meskipun tergolong masih awam bagi mereka sehingga dapat memberikan pengalaman baru dan menambah wawasan serta minat siswa untuk mempelajari seni rupa.

Kata Kunci: Ilustrasi, Teknik Scribble, Pembelajaran Menggambar, Seni Rupa.

Published
2024-01-17
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 12