PERANCANGAN MOTIF BATIK KHAS GRESIK MENGGUNAKAN APLIKASI IBISPAINT OLEH SISWA SMAN 1 DUKUN
Abstract
Abstract
Gresik merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan berbagai komuditas, budaya, serta flora dan fauna yang dimiliki. Dengan memanfaatkan teknologi secara kreatif dan efektif, kekayaan alam Gresik dapat dikenalkan kepada masyarakat secara lebih luas. Salah satu caranya adalah melalui pembelajaran perancangan motif batik dengan memanfaatkan smartphone yang mengangkat komuditi khas Gresik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses, hasil karya, respon peserta didik , dan efektifitas kegiatan perancangan motif batik khas Gresik menggunakan aplikasi ibisPaint X oleh siswa SMAN 1 Dukun. Penelitian ini menggunakan metode 4D yakni define, design, develope, dan disseminate. Teknik pengumpulan data melaluiĀ observasi, kuisioner , wawancara dan dokumentasi. Proses pembelajaran dilakukan dengan tahapan perancangan yakni (1) Define dengan penyampaian materi dan pembahasan produk yang akan dibuat, (2) Design dengan menentukan ide dan tema rancangan. (3) Develope dengan membuat sketsa rancangan, pemindahan sketsa rancangan pada aplikasi ibisPaint X, penyusunan, pewarnaan, dan finishing. (4) Disseminate dengan cetak karya dan pameran online. Perancangan motif dilakukan oleh 30 siswa kelas XI-7 yang dikerjakan secara individu. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan sebesar 86% dari hasil angket kegiatan perancangan, siswa mampu merancang motif menggunakan aplikasi ibisPaint dan pameran hasil karya mendapat tanggapan positif dari siswa dan apresiator karya.
Kata Kunci: Motif Batik, IbisPaint, SMAN 1 Dukun
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

