PENERAPAN UNSUR SENI RUPA 2D MELALUI DOODLE ART PADA MEDIA PLASTICBAG OLEH PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PGRI 1 JOMBANG
Keywords:
Unsur Seni Rupa 2D, Doodle art, PlasticbagAbstract
Dikalangan anak remaja terutama kalangan anak SMA banyak sekali yang tidak tertarik dengan pelajaran seni budaya. Hal ini terjadi dikarenakan pembelajaran terlalu monoton dan membosankan serta materi dengan metode ceramah. Oleh karena itu, diperlukannya mengeksplorasi media, alat maupun bahan yang ada disekitar kita. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, proses, hasil karya seni, dan pendapat guru maupun peserta didik. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, dilakukan secara berkelompok, melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Terdapat perencanaan pembelajaran yang mencakup modul ajar, materi unsur seni rupa 2D dan doodle art, mempersiapkan media seperti plasticbag, kertas A4, spidol permanent, dan evaluasi. Pembelajaran ini memiliki empat pertemuan dalam satu bulan, satu minggu sekali setiap hari kamis. Pertemuan pertama penyampaian materi, pembagian kelompok, dan pembuatan sketsa. Pertemuan kedua pengaplikasian sketsa. Pertemuan ketiga mewarnai doodle art pada satu sisi. Pertemuan keempat yaitu mewarnai gambar doodle art juga melakukan finishing. Dilanjut pengisian angket, pengambilan dokumentasi, kegiatan observasi, wawancara. Hasil penelitian sesuai dengan perencanaan dan juga proses pembelajaran yang terlaksana dengan baik dan lancar. Hasil karya peserta didik juga sesuai dengan kategori penilaian mendapatkan total 89% dan dapat dinyatakan memenuhi standar juga memuaskan.Pendapat guru seni budaya dan peserta didik pada pembelajaran ini juga sangat positif. Dengan adanya pembelajaran ini peserta didik dapat menuangkan ekspresi, ide kreatif, imajinasi, dan juga mengeksplor media baru dalam berkarya seni.
Downloads
References
Afni, D. I., & Jupriani, J. (2021).
KARAKTER DOODLE DALAM
KARYA KERAJINAN
KERAMIK. Serupa The Journal of
Art Education, 10(4), 282-296.
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni
mengelola data: Penerapan triangulasi
teknik, sumber dan waktu pada
penelitian pendidikan sosial. Historis:
Jurnal Kajian, Penelitian dan
Pengembangan Pendidikan
Sejarah, 5(2), 146-150.
Al-Faruq, M. N. M., Nur’aini, S., & Aufan, M.
H. (2022). Perancangan Ui/Ux
Semarang Virtual Tourism Dengan
Figma. Walisongo Journal of
Information Technology, 4(1), 43-52.
Farida, N., & Pudjiastuti, E. (2013).
Peningkatan kemampuan
menggambar melalui media spidol
dengan metode pemberian tugas anak
kelompok A TK Harapan kita
Surabaya. PAUD Teratai, 2(1), 1-14.
Hapsari, S., Hani, U., & Widiyaningsih, W.
(2022). A TERAPI DOODLE ART
DALAM UPAYA PENCEGAHAN
DEMENSIA VASKULAR. Jurnal
Perawat Indonesia, 6(3), 1187-1195.Heldanita, H. (2018). Pengembangan
Kreativitas Melalui
Eksplorasi. Golden Age: Jurnal
Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia
Dini, 3(1), 53-64.
Hendratno, H., & Setyowati, S. (2023).
Penggunaan Media Doodle Artistik
Dalam Mengembangkan Motorik
Halus Dan Seni Pada Anak Kelompok
B di TK Tunas Bangsa Sukodono
Sidoarjo. EDUKASIA: Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1),
673-686.
Hidayatullah, R., Amin, M. N., Asy’ari, H.,
Asnawi, H. S., Amrulloh, H., &
Zaenulloh, Z. (2020). Penguatan
Kapasitas Pelajar IPNU IPPNU Kota
Metro dalam Industri Kreatif Melalui
Pembuatan Paper Bag. JPMB: Jurnal
Pemberdayaan Masyarakat
Berkarakter, 3(2), 277-286.
Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan
Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah
Pendidikan Pada Pendekatan
Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN:
Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.
Maulida, M. (2020). Teknik Pengumpulan
Data Dalam Metodologi
Penelitian. Darussalam, 21(2).
Maulida, Z. (2018). Pengendalian Persediaan
Bahan Baku Pada PT. Aceh Rubber
Industries Kabupaten Aceh
Tamiang. Jurnal manajemen dan
keuangan, 7(2), 157-157.
Noor, J. (2011). Metodelogi
penelitian. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Pujaastawa, I. B. G. (2016). Teknik
wawancara dan observasi untuk
pengumpulan bahan
informasi. Universitas Udayana, 4.
Rahmawati, N., Arkam, R., & Mustikasari,
R. (2022). Peningkatan Kemampuan
Berkarya Seni Rupa melalui Media
dari Barang Bekas. MENTARI:
Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 2(1).
Rupa, J. S. (2014). Penerapan media dalam
bentuk pop up book pada
pembelajaran unsur-unsur rupa untuk
siswa kelas 2 SDNU Kanjeng Sepuh
Sidayu Gresik.
Sa'adah, S. N., & Giyartini, R. Media Ajar
Doodle Art untuk Meningkatkan
Kemampuan Kreativitas Siswa Kelas
V di Sekolah
Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal
Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, 9(1), 83-96.
Saleh, S. (2017). Analisis data kualitatif.
Saryanti, I. G. A. D., Mandasari, E., &
Sidhiantari, I. G. A. P. I. (2020).
Pengembangan dan Pemanfaatan
Desain Kemasan sebagai Media
Promosi pada UKM
Heavenine. Journal of Community
Development, 1(1), 1-6.
Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi
Pembelajaran Interaktif Kahoot pada
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di
Era Revolusi Industri 4.0. In Seminar
Nasional Pendidikan Bahasa Dan
Sastra (pp. 284-291).
Setiawan, D. (2016). Respon konsumen
terhadap tas belanja plastik berbayar.,
1-15.
Setyaningsih, H., & Yermiandhoko, Y.
(2015). Pemanfaatan Unsur Seni
Rupa Untuk Meningkatkan
Kreativitas Siswa Dalam
Menggambar Dekoratif di Sekolah
Dasar. Jurnal PGSD, 3(02).
Setyoko, A. (2012). Barang bekas sebagai
bahan berkarya seni kriya di
komunitas tuk salatiga: proses dan
nilai estetis. Arty: Jurnal Seni
Rupa, 1(1).
Suparta, I. M. Unsur-Unsur Seni Rupa.
Tripathi, J. G. (2014). Comparative study of
paper bags and plasticbags (Fashion
always changes with standard paper
bags). International Journal in
Management & Social
Science, 2(11), 32-40.
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 123
,
PDF Downloads: 165