PENERAPAN UNSUR SENI RUPA 2D MELALUI DOODLE ART PADA MEDIA PLASTICBAG OLEH PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PGRI 1 JOMBANG

Authors

  • Bagas Febriansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Zaini Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Unsur Seni Rupa 2D, Doodle art, Plasticbag

Abstract

Dikalangan anak remaja terutama kalangan anak SMA banyak sekali yang tidak tertarik dengan pelajaran seni budaya. Hal ini terjadi dikarenakan pembelajaran terlalu monoton dan membosankan serta materi dengan metode ceramah. Oleh karena itu, diperlukannya mengeksplorasi media, alat maupun bahan yang ada disekitar kita. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, proses, hasil karya seni, dan pendapat guru maupun peserta didik. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, dilakukan secara berkelompok, melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Terdapat perencanaan pembelajaran yang mencakup modul ajar, materi unsur seni rupa 2D dan doodle art, mempersiapkan media seperti plasticbag, kertas A4, spidol permanent, dan evaluasi. Pembelajaran ini memiliki empat pertemuan dalam satu bulan, satu minggu sekali setiap hari kamis. Pertemuan pertama penyampaian materi, pembagian kelompok, dan pembuatan sketsa. Pertemuan kedua pengaplikasian sketsa. Pertemuan ketiga mewarnai doodle art pada satu sisi. Pertemuan keempat yaitu mewarnai gambar doodle art juga melakukan finishing. Dilanjut pengisian angket, pengambilan dokumentasi, kegiatan observasi, wawancara. Hasil penelitian sesuai dengan perencanaan dan juga proses pembelajaran yang terlaksana dengan baik dan lancar. Hasil karya peserta didik juga sesuai dengan kategori penilaian mendapatkan total 89% dan dapat dinyatakan memenuhi standar juga memuaskan.Pendapat guru seni budaya dan peserta didik pada pembelajaran ini juga sangat positif. Dengan adanya pembelajaran ini peserta didik  dapat menuangkan ekspresi, ide kreatif, imajinasi, dan juga mengeksplor media baru dalam berkarya seni.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afni, D. I., & Jupriani, J. (2021).

KARAKTER DOODLE DALAM

KARYA KERAJINAN

KERAMIK. Serupa The Journal of

Art Education, 10(4), 282-296.

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni

mengelola data: Penerapan triangulasi

teknik, sumber dan waktu pada

penelitian pendidikan sosial. Historis:

Jurnal Kajian, Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan

Sejarah, 5(2), 146-150.

Al-Faruq, M. N. M., Nur’aini, S., & Aufan, M.

H. (2022). Perancangan Ui/Ux

Semarang Virtual Tourism Dengan

Figma. Walisongo Journal of

Information Technology, 4(1), 43-52.

Farida, N., & Pudjiastuti, E. (2013).

Peningkatan kemampuan

menggambar melalui media spidol

dengan metode pemberian tugas anak

kelompok A TK Harapan kita

Surabaya. PAUD Teratai, 2(1), 1-14.

Hapsari, S., Hani, U., & Widiyaningsih, W.

(2022). A TERAPI DOODLE ART

DALAM UPAYA PENCEGAHAN

DEMENSIA VASKULAR. Jurnal

Perawat Indonesia, 6(3), 1187-1195.Heldanita, H. (2018). Pengembangan

Kreativitas Melalui

Eksplorasi. Golden Age: Jurnal

Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia

Dini, 3(1), 53-64.

Hendratno, H., & Setyowati, S. (2023).

Penggunaan Media Doodle Artistik

Dalam Mengembangkan Motorik

Halus Dan Seni Pada Anak Kelompok

B di TK Tunas Bangsa Sukodono

Sidoarjo. EDUKASIA: Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1),

673-686.

Hidayatullah, R., Amin, M. N., Asy’ari, H.,

Asnawi, H. S., Amrulloh, H., &

Zaenulloh, Z. (2020). Penguatan

Kapasitas Pelajar IPNU IPPNU Kota

Metro dalam Industri Kreatif Melalui

Pembuatan Paper Bag. JPMB: Jurnal

Pemberdayaan Masyarakat

Berkarakter, 3(2), 277-286.

Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan

Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah

Pendidikan Pada Pendekatan

Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN:

Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.

Maulida, M. (2020). Teknik Pengumpulan

Data Dalam Metodologi

Penelitian. Darussalam, 21(2).

Maulida, Z. (2018). Pengendalian Persediaan

Bahan Baku Pada PT. Aceh Rubber

Industries Kabupaten Aceh

Tamiang. Jurnal manajemen dan

keuangan, 7(2), 157-157.

Noor, J. (2011). Metodelogi

penelitian. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Pujaastawa, I. B. G. (2016). Teknik

wawancara dan observasi untuk

pengumpulan bahan

informasi. Universitas Udayana, 4.

Rahmawati, N., Arkam, R., & Mustikasari,

R. (2022). Peningkatan Kemampuan

Berkarya Seni Rupa melalui Media

dari Barang Bekas. MENTARI:

Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 2(1).

Rupa, J. S. (2014). Penerapan media dalam

bentuk pop up book pada

pembelajaran unsur-unsur rupa untuk

siswa kelas 2 SDNU Kanjeng Sepuh

Sidayu Gresik.

Sa'adah, S. N., & Giyartini, R. Media Ajar

Doodle Art untuk Meningkatkan

Kemampuan Kreativitas Siswa Kelas

V di Sekolah

Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal

Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, 9(1), 83-96.

Saleh, S. (2017). Analisis data kualitatif.

Saryanti, I. G. A. D., Mandasari, E., &

Sidhiantari, I. G. A. P. I. (2020).

Pengembangan dan Pemanfaatan

Desain Kemasan sebagai Media

Promosi pada UKM

Heavenine. Journal of Community

Development, 1(1), 1-6.

Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi

Pembelajaran Interaktif Kahoot pada

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di

Era Revolusi Industri 4.0. In Seminar

Nasional Pendidikan Bahasa Dan

Sastra (pp. 284-291).

Setiawan, D. (2016). Respon konsumen

terhadap tas belanja plastik berbayar.,

1-15.

Setyaningsih, H., & Yermiandhoko, Y.

(2015). Pemanfaatan Unsur Seni

Rupa Untuk Meningkatkan

Kreativitas Siswa Dalam

Menggambar Dekoratif di Sekolah

Dasar. Jurnal PGSD, 3(02).

Setyoko, A. (2012). Barang bekas sebagai

bahan berkarya seni kriya di

komunitas tuk salatiga: proses dan

nilai estetis. Arty: Jurnal Seni

Rupa, 1(1).

Suparta, I. M. Unsur-Unsur Seni Rupa.

Tripathi, J. G. (2014). Comparative study of

paper bags and plasticbags (Fashion

always changes with standard paper

bags). International Journal in

Management & Social

Science, 2(11), 32-40.

Downloads

Published

2024-12-10
Abstract views: 123 , PDF Downloads: 165