PIPE CLEANER SEBAGAI MEDIA KARYA SENI RUPA TIGA DIMENSI KELAS X SMA KHADIJAH SURABAYA
Abstract
Dalam bidang kesenian terdapat tren pemanfaatan pipe cleaner yang sedang ramai di sosial media. Pada kalangan remaja, tidak semua remaja secara otomatis tertarik dalam tren seni yang sedang berkembang, meskipun teknologi telah memberikan inspirasi melalui platform digital. Oleh karena itu, perlunya memfasilitasi eksplorasi kreativitas remaja melalui pembelajaran seni rupa di sekolah dengan mengkolaborasikan antara teknologi dan seni untuk pemanfaatan pipe cleaner sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses, hasil karya, dan tanggapan peserta didik dan guru seni budaya pada kegiatan pembelajaran seni budaya dengan memanfaatkan pipe cleaner sebagai media karya tiga dimensi pada peserta didik kelas X SMA Khadijah Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara guru seni budaya, angket responden peserta didik terhadap kegiatan serta hasil pembelajaran seni rupa tiga dimensi dengan media pipe cleaner, dan dokumentasi kegiatan penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Validasi menggunakan teknik triangulasi data.
Proses pembelajaran dilaksanakan dalam tiga pertemuan yakni (1) penyampaian materi mengenai pipe cleaner sebagai media seni rupa tiga dimensi oleh peneliti dan pembahasan karya yang akan dibuat, pembagian kelompok, demonstrasi teknik merangkai bunga dari pipe cleaner, (2) membuat bunga dari pipe cleaner dengan jumlah 4 bunga utuh, (3) merangkai karya dari pipe cleaner yang telah dibuat dengan konsep seni ikebana dan tahap finishing sebelum dikumpulkan.
Hasil pembelajaran pada 26 peserta didik kelas X peminatan seni rupa yang dibagi menjadi 6 kelompok dan menghasilkan 6 karya penataan yang berbeda-beda hingga perolehan penilaian hasil karya sudah cukup baik, meskipun terdapat beberapa kesulitan yang dialami peserta didik seperti memotong pipe cleaner, membentuk pipe cleaner, dan penggunaan lem tembak. Terdapat empat kelompok yang memperoleh penilaian kriteria baik dengan nilai 83, 85, 87 dan 88. Sedangkan 2 kelompok lainnya memperoleh penilaian kriteria sangat baik dengan nilai 92 dan 93.
Respon dari peserta didik dan guru dapat dianalisis melalui hasil angket respon peserta didik dan wawancara guru. Hasil angket respon peserta didik setelah pembelajaran seni rupa tiga dimensi dengan media pipe cleaner, data yang diperoleh pada kriteria setuju secara keseluruhan sebanyak 80% mendapat tanggapan positif dan kelayakan dari peserta didik. Sedangkan hasil wawancara guru memperoleh tanggapan bahwa beliau tertarik dan mengapresiasi terhadap media baru yang sedang tren di media sosial serta menganggap media pipe cleaner layak untuk diterapkan pada pembelajaran. Dari respon peserta didik dan guru seni budaya SMA Khadijah Surabaya dapat disimpulkan bahwa hasil karya peserta didik sudah dapat dikatakan berhasil dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran.
Downloads
References
Aisyah, D. S., Rahayu, T., Ulya, N., Aisyah, D., Fakultas, ), Islam, A., Karawang, S.,
Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2022).
WORKSHOP KREASI MEDIA PIPE CLEANER DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN
MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI BAGI GURU PAUD DI RA ABATA
MARDHOTILLAH KABUPATEN KARAWANG. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i5.1768-1773
Cahyaningsih, G. (2022). Dasar-Dasar Seni Rupa Semester 1 SMK/MAK Kelas X.
https://emodul.kemdikbud.go.id/MuatanPemberdayaan/mobile/index.html Cahyaningsih, G. R., & Purwanto, H. (2023). Dasar- Dasar Seni Rupa Semester 2 SMK/MAK Kelas X.
https://buku.kemdikbud.go.id Nagatsuka, S. (2014). Modern Japanese Ikebana - Shinichi Nagatsuka.
Nuha, U. (2009). Strategi Pemasaran Melalui Media Massa di SMA Khadijah Surabaya. DigilibUinsa.
http://digilib.uinsa.ac.id/7694/ Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). MEDIA
PEMBELAJARAN.Palwanto, M. (2020). Modul-Seni-BudayaKelas-XI-Semester-2. 1–191.
Petelinsek, K. (2014). Creating PiPe Cleaner Crafts Written and illustrated by Kathleen Petelinsek.
Salam, S., Sukarman, Hasnawati, & Muhaimin,M. (2020). PENGETAHUAN DASAR SENI RUPA. Saleh Husain, M., Paita Yunus Prodi Pendidikan Seni rupa, P., Seni Rupa dan Desain, J., & Seni dan Desain, F. (2020). KEMAMPUAN BERKARYA SENI RUPA 3 DIMENSI DENGAN MEDIA PLASTISIN PADA SISWA SMA NEGERI 11 BULUKUMBA.
Sudjijo. (2014). SEKILAS TANAMAN DELIMA DAN MANFAATNYA. https://studylibid.com/doc/1515880/sekil as-tanaman-delima-dan-manfaatnya
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif danKualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, R&D. Alfabeta.
Utami, A., Soeprayogi, H., & Azis, A. C. K.(2020). Pembuatan Kerajinan Bunga
Berbahan Kulit Jagung Ditinjau dari Prinsip-prinsip Seni Rupa dan Kerajinan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(1), 260–264. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i1.282
Web Japan. (t.t.). Ikebana. Ministry of Foreign Affairs of Japan. Diambil 4 Juni 2024, dari https://webjapan.org/factsheet/en/pdf/27Ikebana.pdf Zalfanur, D., Nadzifa, I., Lestari, I. D.,
Gunawan, A., Adinugraha, H. H., Islam,U., Abdurrahman, N. K. H., Pekalongan,W., Program, ), & Syariah, S. A. (2022).Pelatihan Buket Bunga dari Sampah Plastik pada Santri Pondok Pesantren Yawapi Asy-Sya’ban Kecamatan BojongKabupaten Pekalongan.https://ejournal.staialamin.ac.id/pengabdi
an
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 86
,
PDF Downloads: 155