PENERAPAN TEKNIK SULAM PUNCH NEEDLE SEBAGAI KARYA DUA DIMENSI SISWA DI SMA LABSCHOOL UNESA 1 SURABAYA
Keywords:
Sulam, Punch Needle, Karya Dua Dimensi, LabschoolAbstract
Pada penelitian ini, peneliti menghadirkan teknik sulam punch needle sebagai teknik dan media baru dalam berkarya sulam pada pembelajaran seni rupa. Dengan demikian pembelajaran seni rupa tidak hanya berperan sebagai sarana dalam mengembangkan keterampilan artistik siswa, tetapi juga sebagai sarana pengembangan kepribadian, imajinasi, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, hasil karya, dan respon guru serta siswa dalam penerapan teknik tersebut di SMA Labschool UNESA 1 Surabaya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Penelitian melibatkan 19 siswa yang dibagi menjadi 9 kelompok dan dilaksanakan dalam lima pertemuan. Hasil karya siswa menunjukkan 9 variasi sulam punch needle dengan desain mandala, yang dinilai berdasarkan aspek proses, teknik, komposisi, dan keindahan. Sebagian besar kelompok memperoleh capaian nilai dengan kategori baik, sementara dua kelompok mendapatkan capaian nilai dengan kategori sangat baik. Melalui respon guru dan siswa yang diperoleh setelah pelaksanaan pembelajaran menunjukkan respon yang baik dan secara keseluruhan, penerapan pembelajaran sulam punch needle berhasil menghadirkan inovasi dalam praktik berkarya seni rupa dua dimensi dan efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa.
Downloads
References
Budiyono, Widarwati Sudibyo, Sri Herlina, Sri Handayani, Parjiyah, Wiwik Pudiastuti, Syamsudin, Irawati, Parjiyati, D. S. P. (2008). Kriya Tekstil untuk SMK Jilid 2.In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Farah, N., Sarajuddin, S., & Rusli, R. D. (2021). A Study and Innovations of The Punch Needle Tools and Techniques as an Art Therapy Methods for Mild Depression Amongst Youngsters. International Journal of INTI, 25(1), 25–32. Khounnoraj, A. (2019). Punch Needle: Master
the Art of Punch Needling Accessories for You and Your Home. Kriya, J., & Seni, F. (2022). PUNCH NEEDLE.
Louise Gale, Marisa Edhgill, Alyssa Stokes, A.T. (2016). Mandala for the inspiredartist : working with paint, paper, and texture to create expressive mandala art (S. Carbajal (ed.)). Quarto Publishing. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ChdZCwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=mandala+art+design&ots=GdsVPo0dPF&sig=1ZimKmnDnw92YGHMBAZCf_9qfWY&redir_esc=y#v=onepag
e&q=mandala art design&f=false
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revi). PT Remaja
Rosdakarya. Palwanto, M. (2020). Modul pembelajaran SMA seni budaya (seni rupa) Kelas XI: karya seni rupa dua dimensi modifikasi.
http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprin
t/21647
Pearlman, R. (2019). Modern Rug Hooking: 22
Punch Needle Projects for Crafting a
Beautiful Home (1st ed.). shambala
publications.
Rupa, J. S., Ratyaningrum, F., Rupa, P. S.,
Surabaya, U. N., Rupa, P. S., & Surabaya,
U. N. (2023). Penerapan Teknik Sulam
Pita Dengan Motif Semanggi Pada Media
Plastik Kanvas Di Sma Labschool Unesa
1 Surabaya. 11(3), 55–63.
Salam, S., Sukarman, B., Hasnawati, &
Mahemin, M. (2020). Basic Knowledge of
Fine Arts (Vol. 1).
Sanyoto, S. E. (2010). Nirmana: Elemenelemen seni dan desain. Jalasutra.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D (Issue April).
Suhersono, H. (2006). Desain bordir motif etnik
geometris (I. Hardiman (ed.)). Gramedia
Pustaka Utama.
SULISTYANINGSIH, R. (2020). Asta Dewata
Dalam Sulam Punch Needle.
http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8219
Suparta. (2010). Prinsip Seni Rupa Oleh: I Made Suparta, Dosen PS Kriya Seni ISI
Denpasar. 1–2. http://repo.isidps.ac.id/id/eprint/97
Ulinnuha, M. K. (2021). Eksplorasi Mandala
dalam Seni Drawing. Journal of
Contemporary Indonesian Art, 7(2), 64–
73.
Downloads
Published
Issue
Section

