PENERAPAN TEKNIK SULAM PUNCH NEEDLE SEBAGAI KARYA DUA DIMENSI SISWA DI SMA LABSCHOOL UNESA 1 SURABAYA

Authors

  • Alfiyatuz Zahroh Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Mutmainah Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Sulam, Punch Needle, Karya Dua Dimensi, Labschool

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti menghadirkan teknik sulam punch needle sebagai teknik dan media baru dalam berkarya sulam pada pembelajaran seni rupa. Dengan demikian pembelajaran seni rupa tidak hanya berperan sebagai sarana dalam mengembangkan keterampilan artistik siswa, tetapi juga sebagai sarana pengembangan kepribadian, imajinasi, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, hasil karya, dan respon guru serta siswa dalam penerapan teknik tersebut di SMA Labschool UNESA 1 Surabaya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Penelitian melibatkan 19 siswa yang dibagi menjadi 9 kelompok dan dilaksanakan dalam lima pertemuan. Hasil karya siswa menunjukkan 9 variasi sulam punch needle dengan desain mandala, yang dinilai berdasarkan aspek proses, teknik, komposisi, dan keindahan. Sebagian besar kelompok memperoleh capaian nilai dengan kategori baik, sementara dua kelompok mendapatkan capaian nilai dengan kategori sangat baik. Melalui respon guru dan siswa yang diperoleh setelah pelaksanaan pembelajaran menunjukkan respon yang baik dan secara keseluruhan, penerapan pembelajaran sulam punch needle berhasil menghadirkan inovasi dalam praktik berkarya seni rupa dua dimensi dan efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiyono, Widarwati Sudibyo, Sri Herlina, Sri Handayani, Parjiyah, Wiwik Pudiastuti, Syamsudin, Irawati, Parjiyati, D. S. P. (2008). Kriya Tekstil untuk SMK Jilid 2.In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Farah, N., Sarajuddin, S., & Rusli, R. D. (2021). A Study and Innovations of The Punch Needle Tools and Techniques as an Art Therapy Methods for Mild Depression Amongst Youngsters. International Journal of INTI, 25(1), 25–32. Khounnoraj, A. (2019). Punch Needle: Master

the Art of Punch Needling Accessories for You and Your Home. Kriya, J., & Seni, F. (2022). PUNCH NEEDLE.

Louise Gale, Marisa Edhgill, Alyssa Stokes, A.T. (2016). Mandala for the inspiredartist : working with paint, paper, and texture to create expressive mandala art (S. Carbajal (ed.)). Quarto Publishing. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ChdZCwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=mandala+art+design&ots=GdsVPo0dPF&sig=1ZimKmnDnw92YGHMBAZCf_9qfWY&redir_esc=y#v=onepag

e&q=mandala art design&f=false

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revi). PT Remaja

Rosdakarya. Palwanto, M. (2020). Modul pembelajaran SMA seni budaya (seni rupa) Kelas XI: karya seni rupa dua dimensi modifikasi.

http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprin

t/21647

Pearlman, R. (2019). Modern Rug Hooking: 22

Punch Needle Projects for Crafting a

Beautiful Home (1st ed.). shambala

publications.

Rupa, J. S., Ratyaningrum, F., Rupa, P. S.,

Surabaya, U. N., Rupa, P. S., & Surabaya,

U. N. (2023). Penerapan Teknik Sulam

Pita Dengan Motif Semanggi Pada Media

Plastik Kanvas Di Sma Labschool Unesa

1 Surabaya. 11(3), 55–63.

Salam, S., Sukarman, B., Hasnawati, &

Mahemin, M. (2020). Basic Knowledge of

Fine Arts (Vol. 1).

Sanyoto, S. E. (2010). Nirmana: Elemenelemen seni dan desain. Jalasutra.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D (Issue April).

Suhersono, H. (2006). Desain bordir motif etnik

geometris (I. Hardiman (ed.)). Gramedia

Pustaka Utama.

SULISTYANINGSIH, R. (2020). Asta Dewata

Dalam Sulam Punch Needle.

http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8219

Suparta. (2010). Prinsip Seni Rupa Oleh: I Made Suparta, Dosen PS Kriya Seni ISI

Denpasar. 1–2. http://repo.isidps.ac.id/id/eprint/97

Ulinnuha, M. K. (2021). Eksplorasi Mandala

dalam Seni Drawing. Journal of

Contemporary Indonesian Art, 7(2), 64–

73.

https://doi.org/10.24821/jocia.v7i2.6079

Downloads

Published

2024-12-30
Abstract views: 30 , PDF Downloads: 27