Ranting sebagai media berkarya seni rupa 3 dimensi di SMP Negeri 3 Muara Tae Kalimantan Timur
Keywords:
Ranting, Seni Rupa 3D, PembelajaranAbstract
Dilatarbelakangi dengan upaya pengembangan sumber dan materi pembelajaran seni rupa yang menarik di sekolah perlu terus dilakukan, misalnya dengan inovasi yang baru dalam praktik berkarya seni. Peneliti memilih topik tanting sebagai bahan berkarya seni rupa tiga dimensi sebagai inovasi baru untuk mengenalkan yang mengasikkan dan mudah. Karena praktik ranting sebagai media berkarya seni rupa tiga dimensi, maka dapat dilakukan dalam waktu pembelajaran yang cukup singkat. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP NEGERI Muara Tae. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, hasil karya seni tiga dimensi dari ranting, serta tanggapan guru dan siswa terhadap metode pembelajaran ini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, observasi, wawancara, dan eksperimen langsung dengan siswa untuk mengevaluasi dampaknya terhadap keterampilan artistik dan pemahaman seni. Dari penelitian ini dihasilkan 4 produk berbeda dengan ranting sebagai mediannya. Ada dua kelompok memperoleh nilai keterampilan kategori cukup sangat baik dengan nilai 93 dan tiga kelompok dengan kategori baik dalam rentang nilai 89-91. Hasil penelitian menunjukkan karya yang dihasilkan sebanyak 40% kategori sangat baik dan 60% kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa ranting sebagai media berkarya tiga dimensi layak dieteruskan diterapkan di kelas.
Downloads
References
Maulana, I., Zubaidah, M. P., & Wisdiarman, M. P. (2018). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SENI RUPA DI SMP N 34 PADANG. Serupa The Journal of Art Education, 7(1). OKTARI, Vanni Miza. Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2017, 1.1: 49-57. Sumarno, Sumarno, and Deny Dwi Hartomo. DESAIN PRODUK BERBAHAN RANTING Peluang Pasar dan Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Hutan. ISI Press, 2017.
Haryono, Timbul. (2002). Terminologi dan Perwujudan Seni Kriya
Masa Lalu dan Masa Kini sebuah Pendekatan Historis-Arkeologi. Makalah. Yogyakarta: ISI Yogyakarta.
Gustami, SP. (1992). Filosofi Seni Kriya Tradisional Indonesia
dalam Seni: Jurnal Pengetahuan dan Penciptaan Seni. II/01 Januari. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.
Muhadjir (1996:29), data kualitatif merupakan data yang disajikan
dalam bentuk kata verbal bukan dalam bentuk angka.
Downloads
Published
Issue
Section

