PENERAPAN KALIGRAFI KALIMAT THAYYIBAH DENGAN TEKNIK BATIK PADA HIASAN DINDING DI EKSTRAKURIKULER SENI MAN 1 GRESIK
Abstract
Inovasi Media Pembelajaran yang memadukan budaya lokal dan nilai-nilai agama sangat diperlukan untuk meningkatkan minat belajar seni di kelangan peserta didik. Minimnya Variasi Bahan Ajar Seni Di MAN 1 Gresik membuat peserta didik kurang tertarik mempelajari seni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan, hasil karya, dan respon peserta didik dalam penerapan seni kaligrafi kalimat thayyibah dengan teknik batik pada hiasan dinding. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, hasil karya kaligrafi dengan teknik batik, dan angket. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data memakai metode triangulasi data. Proses pembelajaran terdiri atas lima pertemuan. Hasil penelitian berjumlah 6 karya dari 6 peserta didik, 3 karya dengan nilai 89 dan satu karya dengan nilai 87 termasuk kategori baik, serta 2 karya yang mendapat nilai 95 dan 90 termasuk kategori sangat baik. Kegiatan penelitian ini mendapat respon yang positif, baik dari pihak sekolah MAN 1 Gresik. Kesimpulan dari proses penerapan seni kaligrafi dengan teknik batik efektif diterapkan sebagai media pembelajaran seni, karena tidak hanya mengenalkan budaya lokal, tetapi juga tetap mempertahankan nilai-nilai keagamaan dalam Madrasah.
Downloads
References
Ahmad, abdul aziz (2018) "Lomba Kaligrafi Islam Kontemporer : Salah Satu Alternatif Pengembangan Kaligrafi Islam", Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57, (1982), p. 36.
ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), pp. 212–226. A vailable at: https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.1 40.
Azzah Zuhdiyah, N. and Azzah Zuhdiyah UIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta, N. 2023. Cabang-Cabang Kaligrafi Dalam Musabaqah Khattil Qur’an Dan Jenis Khat Yang Digunakan. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(1).
Bagus Sanjaya, M. 2023. Sejarah Ilmu Kaligrafi Dalam Islam Dan Perkembangannya. 1(1). A vailable at: https://doi.org/10.59548/je.v1i1.57.
Fauzi'ah, R. (2015) Visualisasi Kaligrafi Arab Dalam Karya Seni Batik Tulis Sebagai Hiasan Dinding Tugas Akhir Program Studi S-1 Kriya Seni. Upt Perpustakaan ISI Yogyakarta.
Haryono, L. (2012) Nilai Dan Makna Pada Kain Batik Basurek Yang Mengandung Unsur Kaligrafi Arab Di Bengkulu.
Khalish, Y.A. and Solihat, A. 2023. Akulturasi Budaya Arab Dalam Motif Kaligrafi Batik Besurek Bengkulu, Jurnal Kajian Seni.
Makawi, F.E., Jayadi, H.K. and Rupa, P.S. (2024) "Nilai Estetika Batik Tulis Peserta Didik
SMKN 3 Sungguminasa Kabupaten
Gowa", 01(01), pp. 42–50.
Muhadjir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Yokyakarta: Rake Sarasin. Nisa Azzah Zuhdiyah (2023) "Cabang – Cabang Kaligrafi Dalam Musabaqah Khattil Qur’an Dan Jenis Khat Yang Digunakan",
Ratyaningrum, Fera. 2016. Buku Ajar Batik. Surabaya: Unesa University Press Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sholicha, A., Ratnawati, I. and Anggriani, S.D. 2023. Visualisasi Artistik Kaligrafi Arab sebagai Ide Penciptaan Aksesoris Interior Batik Tulis. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(4), pp. 518–540.
A vailable at: https://doi.org/10.17977/um064v3i420 23p518-540.
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 28
,
PDF Downloads: 28