FOAM CLAY SEBAGAI MEDIA PENGUATAN MATERI SENI RUPA 3D DI SMPN 42 SURABAYA
Keywords:
media pembelajaran, seni rupa 3D, foam clayAbstract
Pembelajaran seni rupa 3D di sekolah kebanyakan mempelajari teori dan praktik hanya sampaipembuatan rancangan karya sehingga peneliti ingin memberikan pengalaman berkarya dengan mediafoam clay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses, hasil karya, sertarespon siswa juga guru setelah berkarya menggunakan media foam clay. Penelitian ini menggunakanmetode kualitatif yang berfokus pada pengambilan data melalui observasi pembelajaran seni budaya diSMPN 42 Surabaya, mengumpulkan dokumentasi, mewawancarai guru seni budaya, serta pengisianangket oleh siswa kelas VIII-F. Peneliti melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam dua pertemuan. Terdapat 32 gantungan kunci hasil karya siswa dinilai sudah memenuhi 5 kriteria aspek penilaian. Ada 17 siswa yang memenuhi kriteria sangat baik dengan rata-rata nilai 93,9. Kemudian ada 13 siswa mendapat kriteria baik dengan rata-rata nilai 80,8 serta 2 siswa mendapat kriteria cukup baik dengan nilai sebesar 79 dan 78. Respon siswa disajikan dalam bentuk diagram berdasarkan angket yang telah diberikan serta wawancara untuk mengetahui respon guru. Pada penelitian ini, siswa belum terbiasa mengontrol diri ketika membuat karya 3D sehingga karya terlihat kurang rapi. Oleh karena itu, media ini diharapkan dapat terus dikembangkan dan dijadikan salah satu opsi media pembelajaran seni rupa 3D guna meningkatkan semangat belajar, kreativitas, ketekunan, serta kerja sama dalam kelompok.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizah, Z.D. (2015). Deformasi Flora dan Fauna dalam Motif Batik pada Pembelajaran Seni Budaya Kelas VIIIC SMPN 1 Turi. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Carol, Zou. Clay: Everything You Need to Know. Claymoo.com. Diakses pada 25 April 2025 dari https://claymoo.com/blogs/news/the- ultimate-guide-to foam-clay
Katu, M.A., Abd. Aziz Ahmad, & Benny Subiantoro. (2018). Pembelajaran Kerajinan Tangan dari Bahan Clay Tepung Bagi Siswa Kelas VIII SMPN 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang. (Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar, 2020) diakses dari https://eprints.unm.ac.id/17117/
Margono., T. E., Abdul Aziz. 2010. Seni Rupa untuk SMP-MTs Kelas VII, VIII, dan IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional
Puspitasari, Indah. (2019). Berkarya Seni 3 Dimensi dengan Media Sabun Batangan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tanete Rilau. (S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2022) diakses dari https://123dok.com/document/q7w960wd berkarya-dimensi-media-batangan-negeri- tanete-skripsi puspitasari.html
Rakaya, C. The Ultimate Guide to Foam Clay. Medium.com. Diakses pada 23 Juli 2024 dari https://medium.com/@rakaya.c/the ultimate-guide-to-foam-clay- f59e0269a287
Rondhi, Moh. & Anton Sumartono. 2002. Tinjauan Seni Rupa 1. Hand Out Jurusan Seni Rupa, FBS UNNES Semarang: Jurusan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Semarang
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, Mikke. 2012. Diksi Rupa: Kumpulan Istilah Seni Rupa. Yogyakarta: Dicti Art Lab dan Jagat Art House
Windarto. (2013). Pembinaan Kreativitas Siswa di SMP Negeri 1 Salam Kabupaten Magelang Melalui Seni Patung Plastisin. (S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta, 2015) diakses dari https://eprints.uny.ac.id/21344/
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 42
,
PDF Downloads: 29