SAWDUST SEBAGAI BAHAN BERKARYA TIGA DIMENSI BERTEMA MAJAPAHIT OLEH KELAS X-5 SMA NEGERI 1 BANGSAL MOJOKERTO
Abstract
Serbuk kayu adalah limbah yang dapat diolah salah satunya menjadi suatu karya fungsional atau dikreasikan menjadi karya dengan nilai estetika untuk pajangan. Dengan adanya limbah serbuk kayu bekas pengrajin kayu yang menumpuk maka peneliti memanfaatkan limbah tersebut sebagai bahan untuk berkarya tiga dimensi di SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto dengan tema majapahit. Tujuan penelitian untukĀ mengetahui dan mendeskripsikan proses, hasil, serta respon guru dan siswa dalam berkarya tiga dimensi menggunakan sawdust. Menggunakan metode kualitatif, dengan identifikasi dan analisis data. Identifikasi data melalui wawancara, observasi secara langsung, dan dokumentasi. Proses berkarya tiga dimensi berjalan dengan penyampaian materi serta pengenalan bahan, kemudian ketentuan karya yang dibuat yakni bertema majapahit dengan ukuran maksimal 30x30x30, dikerjakan secara berkelompok, membuat sketsa objek, mempersiapkan alat dan bahan, proses berkarya menggunakan teknik hand building hingga finishing. Hasil dari berkarya tiga dimensi yakni dikategorikan menjadi 2 jenis karya yaitu, karya bagus dan karya cukup. Respon guru terhadap penelitian ini adalah sebuah bentuk inovasi dan eksplorasi bahan berkarya seni serta memanfaatkan limbah merupakan hal yang baik untuk menjaga lingkungan, respon siswa dalam kegiatan penelitian ini sebagai pengalaman baru dalam berkarya yang sebelumnya menggunakan media itu-itu saja serta menjadikan siswa lebih antusias dalam kelas.
Downloads
References
Anisa Rabdina, Y. (2022). Tanah Liat Sebagai Inspirasi Dalam Menciptakan Karya Tari "Tubuh Yang Menggeliat". Jurnal Laga-Laga Seni Pertunjukan ISI Padangpanjang.
Dr. Rukin, S. M. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Guntur, M. (2020). Kemampuan Berkarya Seni Rupa 3D Dengan Media Plastisin Pada Siswa SMA Negeri 11 Bulukumba. 6.
Habibah, S. O. (2019). Perkembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD) Berbasis Budaya Lokal Lampung Materi Seni Rupa Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakaraya(SBDP) Kelas V SD/MI.
Harmay, H. (2019). Pembelajaran Karya 3D dengan Media Clay bagi Kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 soppeng.
Laudhira Kinantya Hanannika, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.
M. Ismail Abidin, M. (2022). Berkreasi Membuat Kerajinan Tangan dari Clay Bersama Anak Kampung Bendul Merisi di Masa Pandemi. Jurnal Seni Rupa Unesa, 31.
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nirwana., O. W. (2018). Pelatihan Kreativitas Clay Bagi Guru Paud Kecamatan Tambora, Jakarta Pusat.
Pratt, R. R. (2004). Art, Dance, and Music Therapy.
Rijali, A. (2018, Januari 33). Analisis Data Kualitatif. p. 86.
Risdiyantoro, K. D. (2022). Kantong Semar Sebagai Ide Karya Penciptaan Lampu Hias Media Logam. 3.
Rofi'atus Sholicha, R. (2023). Analisis Pengaruh Media Clay Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini.
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.
Zulmi Aryani, M. (2022). Pameran Sebagai Ajang Mengembangkan Kreatifitas Mahasiswa dalam Mata Kuliah Pembelajaran Seni Rupa & Kerajinan.
Hertianti, E. (2023). Pemanfaatan Limbah Serbuk Gergaji Sebagai Cinderamata Dari Bahan Resin di kecamatan Samarinda Seberang.
Downloads
Published
Issue
Section

