BERKARYA KOLASE OLEH SISWA INKLUSI DI SMPN 4 SURABAYA
Keywords:
Berkarya, Kolase, Inklusi, SMPN 4 SurabayaAbstract
Peneliti melakukan kegiatan penelitian dengan mengajak siswa inklusi di SMPN 4 Surabaya untuk membuat karya kolase bersama dengan guru pendamping khusus. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengajak siswa inklusi untuk belajar membuat kolase dan dapat mengetahui hasil dari karya kolase yang telah dibuat serta mengetahui tanggapan guru pendamping khusus dalam kegiatan berkarya kolase oleh sisiwa inklusi. Metode dalam penelitian ini adalah kualitafif yang bersifat deskriptif. Keseluruhan data didapatkan dengan cara observasi langsung saat kegiatan berkerya kolase, wawancara dengan guru pendamping khusus dan siswa inklusi, dan dokumentasi kegiatan. Peneliti menggunakan dua tahapan proses berkarya kolase, tahap pertama menggunakan sketsa dari peneliti, karya yang dihasilkan baik dan bagus. Tahap kedua menggunakan sketsa yang dibuat mandiri oleh siswa inklusi, karya yang dihasilkan juga bervariatif namun tetap bagus sesuai dengan imajinasi siswa inklusi. Tanggapan guru pendamping khusus pada kegiatan ini adalah kegiatan ini dapat menjadi pembelajaran yang efektif untuk siswa inklusi terutama dalam berkesenian untuk siswa inklusi mengembangkan kreativitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini dapat menjadi salah satu media belajar untuk siswa inklusi dalam berkesenian dan untuk mengembangkan kreativitasnya.
Downloads
References
Azwandi, Y. (2007). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.
Baumgarten, A. G. (1750). Aesthetica.
Beardsley, M. C. (1981). Aesthetics: Problems in the Philosophy of Criticism. Hackett Publishing. Dermawan, O. (2013). STRATEGI PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN . Jurnal Ilmiah Psikologi, 886-897. Hurlock, E. B. (1998). Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Airlangga.
Kartono, K. (1980). Pengantar Metodologi Research Sosial.
Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid I. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan. Rombot, O. (2017, April 10). PENDIDIKAN INKLUSI. p. 1.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tinarbuko, S. (2008). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.
Downloads
Published
Issue
Section

