PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL TEKNIK MEWARNAI DALAM PEMBELAJARAN GAMBAR BENTUK SISWA KELAS X

  • SITI ZAUJAH DAMAYANTI

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu membantu guru seni budaya SMAN 1 Jogorogo, kabupaten Ngawi, yang mengalami keterbatasan dalam hal mengembangkan media pembelajaran. Untuk mengatasi hal itu diperlukan pengembangan media dari yang semula menggunakan buku paket menjadi media pembelajaran menggunakan audio visual dengan harapan agar pembelajaran tidak monoton dan nantinya siswa dapat lebih memahami dan lebih semangat dalam menerima pelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, angket, dan penelitian dengan tes. Prosentase ketuntasan siswa tanpa menggunakan media video di kelas X MIA 3 sebanyak 30%. Setelah menggunakan media video menjadi 70%. Prosentase ketuntasan siswa di kelas X MIA 2 sebelum menggunakan video sebesar 24% (kriteria kurang), dan setelah menggunakan video sebesar 45% dan masuk dalam kriteria cukup.

Kata Kunci: media, audio visual, gambar bentuk, pensil warna.

This research was conducted to help the art and culture teachers of SMAN 1 Jogorogo, Ngawi, who faced difficulty in developing teaching media. It was important to develop the media using audio visual aid instead of handbooks to make the teaching process less-monotonous and to increase students’ interest toward the lesson so that they will understand the subjects better. The data collection techniques used in this research were observations, interviews, questionnaire, and test. The percentage of students’ completeness without the use of video media in tenth grade MIA 3 was 40%, but after the treatment using video media, it increased to 80%. The percentage of students’ completeness without the use of video media in tenth grade MIA 2 was 24% (below average), but after the treatment using video media, it increased to 45% and it was within average.

Key words: media, audio visual, shape-drawing, coloring pencils.

Published
2014-11-03
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 213