PENERAPAN  MEDIA PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA DALAM  PEMBELAJARAN MOTIF BATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGAMBON KABUPATEN BOJONEGORO

  • LENI OVI RATNASARI

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan media dari yang semula menggunakan buku paket dan LKS menjadi media yang menyenangkan sehingga mempermudah siswa dalam melakukan pembelajaran seni budaya sehingga siswa dapat terlibat langsung dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan permainan edukatif ular tangga motif batik Jawa Timur.

Tujuan penelitian yaitu untuk mendiskripsikan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa mengggunakan media permainan edukatif ular tangga motif batik Jawa Timur, serta mendeskripsikan efektifitas media ular tangga dalam pembelajaran motif batik media ular tangga pada kelas VIII B SMPN 1 Ngambon.

Metode  penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan tentang penerapan media ular tangga pada pembelajaran seni budaya dengan materi motif batik.

Proses pembelajaran menggunakan media permainan edukatif ular tangga motif batik Jawa Timur  dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang dilakukan dengan dua kali pertemuan. Penilaian aktivitas pembelajaran yang dinilai yaitu menjelaskan tentang pengertian batik dan motif batik, menjelaskan tentang tata cara permainan edukatif ular tangga, dalam satu kelas siswa dibagi menjadi 4 kelompok besar, satu kelompok terdiri dari 8 siswa yang berpasangan menjadi 4 pasang, setiap pasang salah satu bertugas sebagai pemain yang menggelindingkan dadu dan dan pasangannya bertugas mencari kartu materi serta mencatat sesuai dengan jumlah dadu. Selanjutnya guru menunjuk  setiap kelompok untuk mendiskripsikan ciri khas motif daerah di Jawa Timur yang sudah diketahui didepan kelas setelah permainan berakhir, kemudian guru menguji siswa dengan memberikan tes tulis, siswa memperhatikan penjelasan guru dan memperagakan permainan ular tangga. Pada pertemuan pertama hasil observasi aktivitas guru mencapai 89%, pertemuan kedua mencapai 93%. Pertemuan pertama hasil observasi aktivitas siswa mencapai 86%, pertemuan kedua mencapai 91%. Hasil belajar siswa dengan tes tulis pada pertemuan 1 rata-rata nilai yaitu 92 dan 93 pada pertemuan 2.

Efektivitas media dapat dilihat dari hasil observasi guru dan siswa serta hasil belajar siswa menggunakan media permainan edukatif ular tangga motif batik jawa timur yang mengalami peningkatan pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 sehingga media efektif.

          Kata Kunci: media, permainan edukatif ular tangga, motif batik

          This research is to help the art teachers of SMPN 1 Ngambon that have difficulty in developing media of teaching and learning. To solve this problem, it is essential to change the media of teaching from a book or LKS to a nice game. That is an educated game leddersnake that has east java batik motif. This game will ease students to learn art and culture because of their direct involvement.

          The purposes of the research are to describe the teaching and learning process and the effectiveness using leddersnake game as the media with east java batik motif for VII B class.

The research methods used is descriptive qualitative. This method describes how this game is applied in teaching and learning an art and culture with batik motif as the material.

          The teaching process using leddersnake game with east java batik motif is seen through the observation result of the teacher and students activities in two meetings. The valuations of teaching activity are describing what batik is, batik motif and the rules of the game. The students of the class are divided into 4 groups. A group consists of 8 students that become 4 pairs. One of the pair members throws the dices and the other one is looking for the material card then make a note or record as the number of the dices they got. After that the teacher gets every group to describe the characteristic of the east java batik motifs that they have got in the game in front of the class then the teacher gives a written test. The students pay attention to the teacher’s explanation and modeled the game. In the first meeting the observation result of the teacher’s activity is 89% and the second meeting is 93%. The observation result of the student’s activity is 86% in the first meeting and 91% in the second meeting. The mark average of the first written test is 92 and the second written test is 93.

          The leddersnake media game applied in the teaching and learning batik motif is effective. It can be seen from the observation result that the teaching and learning process increase.

Key Words: media, educational leddersnake game, batik motifs

Published
2014-11-08
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 40