PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK SOCK PUPPET UNTUK ANAK-ANAK TK KEMALA BHAYANGKARI 97 PORONG SIDOARJO

  • TIA AROCHMANTY ROSALINA

Abstract

Anak pada usia 4 - 6 tahun sangat suka dengan benda atau objek yang mempunyai banyak warna, mencolok, kontras, suka meniru dan bergerak aktif meskipun tanpa disuruh. Dalam suatu proses belajar mengajar, tidak sedikit guru yang masih menggunakan metode ceramah, perlu diadakannya suatu media dengan maksud agar komunikasi, edukasi dan proses interaksi antara anak didik dan guru dapat tersampaikan dengan lebih baik, serta membantu meningkatkan pemahaman materi yang disampaikan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Media selain digunakan sebagai sarana interaksi dengan murid, diharapkan mampu menginspirasi guru dan sebagai media alternatif yang dapat dibuat sendiri oleh guru, maka media yang digunakan adalah Sock Puppet dengan tema tanaman yang disajikan dalam bentuk pertunjukan Sock Puppet berjudul Pohon Terakhir di TK Kemala Bhayangkari 97 Porong Sidoarjo.

Berdasar latar belakang di atas, masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana bentuk media pembelajaran dan visualisasi Sock Puppet dalam penyampaian materi di TK Kemala Bhayangkari 97 Porong Sidoarjo?, Bagaimana penerapan media Sock Puppet di TK Kemala Bhayangkari 97 Porong Sidoarjo?, dan Bagaimana respon murid B1 TK Kemala Bhayangkari 97 Porong Sidoarjo untuk penerapan media Sock Puppet?

Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi dan informan review.

Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa bentuk media dan visualisasi Sock Puppet dalam pembelajaran tanaman berjudul Pohon Terakhir ditentukan setelah melalui tahapan rancangan meliputi kebutuhan siswa, materi, pendekatan pengajaran, pra produksi, implementasi uji coba dan hasil validator. Hasil validasi bentuk Sock Puppet mendapatkan skor 86 dengan kriteria sangat baik. Media Sock Puppet diterapkan di TK Kemala Bhayangkari 97 Porong Sidoarjo pada kelas B1 selaku subjek yang diteliti dengan jumlah 21 siswa, terdiri dari 10 perempuan dan 11 laki-laki. Penerapan media disajikan dengan pertunjukan Sock Puppet yang dimainkan oleh 1 guru dan 3 pemeran tokoh dan didukung dengan panggung pertunjukan Sock Puppet. Hasil lembar observasi kegiatan guru dalam penerapan media Sock Puppet mendapatkan kriteria sangat baik dengan skor mencapai 86. Maka media Sock Puppet mampu mempermudah guru dalam menyampaikan materi, menjadi sebuah inspirasi dan alternatif media pembelajaran yang dapat dibuat guru. Hasil data observasi kegiatan dan respon murid dalam pembelajaran di kelas mencapai skor 88 dengan kriteria sangat baik. Media telah menarik perhatian murid dan memberikan respon positif dengan menunjukan sikap peduli lingkungan yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya dan menyiram tanaman.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Sock Puppet

 Children at the age of 4 – 6 years love the objects which have many colors, flashy, and contrasts. They love to imitate and actively move even without any asking. In a process of teaching and learning, it is a need to have a media to make the communication, education and process of interaction between the students and the teacher can be better delivered. It also helps to increase the understanding of material presented by teacher in a process of teaching and learning. Media in addition to be used as a means of interaction with students are expected to inspire the teachers and as alternative media that are made by the teacher, so that the media used in here is Sock Puppet with a theme of plants which presented in form of Sock Puppet show entitled the last tree in TK Bhayangkari 97 Porong Sidoarjo.

Based on the background above, the problem of the study are: How is the form of teaching learning media and Sock Puppet visualization in delivering the material in TK Bhayangkari 97 Porong Sidoarjo, How does the Sock Puppet media apply in TK Bhayangkari 97 Porong Sidoarjo?, and How are the response of the B1 students of TK Bhayangkari 97 Porong Sidoarjo to the use of teaching learning media. The assembling of teaching learning media presented in a form of Sock Puppet show that performed by a teacher and 3 actors and it was supported by the Sock Puppet stage performance. The assembling of Sock Puppet media which took story of the last tree got the result of teacher’s activities and the result of student’s response.

Based on the results, it can be concluded that the form of Sock Puppet media and visualization in learning plants entitled the last tree determine after the step of plan consist of the need of students, materials, teaching approach, pre production, production, implementation of trial and the results of validator. The result of validation in a form of Sock Puppet shows a great criteria with a score of 86. Sock Puppet media applied in B1 class of TK Bhayangkari 97 Porong Sidoarjo that consist of 21 students, 10 girls and 11 boys. The assembling of teaching learning media presented in a form of Sock Puppet show that performed by a teacher and 3 actor and it was supported by the Sock Puppet stage performance. The result of teacher activity observation sheet in applying Sock Puppet media is very good with a score of 86. So that, Sock Puppet media can make the teacher easily deliver the materials and it can also be an inspiration and be an alternative media which is easily made by the teacher. The result of data observation observation for the activity and students’ response in teaching learning activities in the class shows a great criteria with a score of 88. Teaching learning media has made the students interest and also has given positive response showed by the attitude of taking care the environment by throwing the rubbish in the trash and watering the plants.

Keywords: Teaching learning media. Sock Puppet.

Published
2014-11-08
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 57