PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK DI SMA NEGERI 3 TUBAN

  • AFIFUDIN ALFARIS

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tentang kurangnya penerapan model pembelajaran yang diberikan guru kepada siswa saat kegiatan pembelajaran di kelas. Guru dapat Menggunakan berbagai model pembelajaran untuk mendapatkan prestasi belajar yang optimal, dan juga untuk mengatasi kebosanan yang dialami siswa selama ini dengan model pembelajaran yang sama setiap harinya.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif pra eksperimen. Perbandingan dua kelompok statis. Penelitian ini tidak melakukan pretes, tetapi menggunakan kelompok kontrol, atau melakukan perlakuan yang berbeda antara dua kelompok tersebut. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas X, dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas X-A dan siswa kelas X-B yang berjumlah 60 siswa.

Berdasarkan perhitungan uji t yang digunakan untuk mengetahui berpengaruh atau tidaknya model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap prestasi belajar siswa diperoleh hasil sebagai berikut: Pada perhitungan uji t, ditemukan nilai t = 1,466 , derajat signifikansi 5% dengan db = 60-2 = 58, dan t tabel = 2,002.

Dari perhitungan di atas menunjukan bahwa ada perbedaan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional, sebab t hitung 1,466 lebih kecil dari t tabel 2,002.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Prestasi Belajar, Menggambar Bentuk

The background of this research was the deficient implementation of instruction model given by teacher to the student when teaching and learning activity in the classroom. The teacher may using any instruction model to reach optimum learning achievement, and to overcome the boredom experienced by student for all this time because of the same instruction model day by day.

This research was using pre-experimental quantitative research design. Compare two static groups. This research was not performing pre-test, but using control group, or performing different treatment between two groups mentioned. In this research the population was entire student of grade X, and the sample were student of classroom X-A and classroom X-B with total 60 students.

Based on t-test calculation used to know the affected or not affected jigsaw cooperative learning model on student learning achievement obtained following result: at t-test calculation, found that t = 1.466, degree of significance 5% with db = 60 – 2 = 58, and t table = 2.002.

From above calculation shows that there was different of classroom used jigsaw cooperative learning model and classroom used conventional learning model, because t calculation 1.466 lower than t table 2.002.

Keywords : Jigsaw Cooperative Learning Model, Learning achievement, Drawing form

Published
2014-11-08
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 358