PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TITIK BERAT DI KELAS XI SMAN 2 NGAWI

  • AFRIZAL KHOLIS ARIFIANTO

Abstract

Penelitian yang telah dilaksanakan di kelas XI SMAN 2 Ngawi bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan konstruktivisme dengan metode eksperimen, aktivitas berpikir kritis siswa, kemampuan berpikir kritis siswa dan respon siswa terhadap proses pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan desain one group pre-test post-test design. Subyek penelitian adalah tiga kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen, kelas XI IPA 3 sebagai kelas replikasi 1 dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas replikasi 2. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan angket. Data pre-test dan post-test dianalisis dengan n-gain score (gain yang dinormalisasi) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase rata-rata kualitas keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen sebesar 81,16% dalam kategori sangat baik, kelas replikasi 1 sebesar 83,25% dalam kategori sangat baik dan kelas replikasi 2 sebesar 79,78% dalam kategori baik. (2) persentase rata-rata aktivitas berpikir kritis kelas eksperimen 73,64%, kelas replikasi 1 sebesar 75,39% dan kelas replikasi 2 sebesar 72,18%, ketiganya dalam kategori baik. (3) peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dengan nilai gain <g> 0,63 dengan kategori peningkatan berpikir kritis sedang, pada kelas replikasi 1 adalah 0,71 dengan kategori tinggi dan pada kelas replikasi 2 adalah 0,66 dengan kategori sedang. (4) persentase rata-rata respon positif siswa setelah melaksanakan pembelajaran yaitu pada kelas eksperimen sebesar 84,69%, kelas replikasi 1 sebesar 89,61% dan kelas replikasi 2 sebesar 84,77%, ketiganya dalam kategori sangat kuat. Dengan demikian, penerapan pendekatan konstruktivisme dengan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

 

Kata Kunci : Pendekatan konstruktivisme, metode eksperimen, berpikir kritis.

Abstract

The research that has been conducted in class XI of SMAN 2 Ngawi aimed to describe feasibility learning constructivism approach with experimental methods, activity of critical thinking students, critical thinking skills students and students response to the learning process. This type of research is pre-experimental design with the design of one group pre-test post-test design. Subjects were three classes, XI natural science 1 as experiment class, XI natural science 3 as replication class 1 and XI natural science 4 as replication class 2. Data collected through test, observation, and questionnaires. Pre-test and post-test result were analyzed with n-gain score (gain normalized) to determine the improvement of critical thinking skills. The results showed that: (1) The average percentage of adherence to the quality of learning in the experiment class is 81.16% in the excellent category, replication class 1 by 83.25% in the excellent category and replication class 2 by 79.78% in good categories. (2) the average percentage of the activity of critical thinking experiment class is 73.64%, replication class 1 by 75.39% in good category and replication class 2 by 72.18%, all three in good categories. (3) improvement of critical thinking skills in experiments class with 0.63 gain value with the increase in categories of critical thinking medium, the replication class 1 is 0.71 with a high category and the replication class 2 was 0.66 with a medium category. (4). the average percentage of positive responses after implementing the learning that students in the experiment class is 84.69%, replication class 1 by 89.61% and replication class 2 by 84.77%, all three in very strong categories. Thus, the application of constructivism approaches with experimental methods can improve students critical thinking skills.

 

Keywords : constructivism approach, experimental method, critical thinking.

Published
2015-02-15
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 31