Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Peminatan MIPA pada Pelajaran Fisika Materi Fluida Statik di SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoro

  • JHELANG ANNOVASHO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang hasil belajar siswa pada proses pembelajaran Fisika dengan menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBL) pada materi fluida statik. PBL adalah model pembelajaran yang melatih keterampilan menyelesaikan masalah yang nyata  dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan desain “one group pretest-posttest design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X peminatan MIPA dengan satu kelas sampel yaitu kelas X MIPA 1. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari metode observasi, metode tes, dan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan RPP mencapai 87,88% (baik), (2) keterampilan siswa dalam memecahkan masalah untuk keterampilan unjuk kerja sebesar 81,47 (baik), dan untuk alat yang dibuat sebesar 95,26 (sangat baik). Sikap yang kooperatif yang ditunjukkan siswa sebesar 91,12 (sangat baik), sikap jujur sebesar 88,56 (baik), dan sikap santun sebesar 85,10 (baik),  (3) hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan setelah melakukan proses pembelajaran mengalami peningkatan dengan skala gain ternormalisasi 0,38 (sedang), serta (4) respon siswa terhadap proses pembelajaran sebesar 80,36% (baik). Sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar siswa telah sesuai dengan yang diharapkan dan mengalami peningkatan.

Kata kunci : model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, peningkatan, fluida statis

Abstract

This research goals is to describe about student learning outcomes on the learning process by using problem Based learning model (PBL) in physics lesson of static fluid. PBL is a learning model that trains real problem-solving skills in everyday life. This research used a design "one group pretest-posttest design". The population in this research were all students of class X peminatan MIPA with one class samples is class X MIPA 1. The method used consisted of observational, the test methods, and questionnaire method. The results showed that (1) accomplished Physics lesson plan reached 87.88 % (good), (2) the skills of students in solving problems for student performance get the score 81.47 (good), and to the tools made get the score 95,26 (very good). Then the student cooperative attitude shown by get score 91.12 (very good), being honest for 88.56 (good), and the politeness of 85.10 (good), (3) learning outcomes students of knowledge after the learning process has increased by 0.38 gain index (moderate), and (4) students' response to the learning process by 80.36 % (good). It can be concluded that students' learning outcomes has been in accordance with the expected and increased.

Keywords: model of problem-based learning, learning outcomes, increased, fluid static

 

Published
2015-02-19
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 43