PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ELASTISITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X

  • UMI FADHILAH ISMAWATI

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan di kelas X MA Unggulan Tlasih- Sidoarjo ini bertujuan untuk  mendeksripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, mendeskripsikan hasil belajar dan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pra-experimental dengan desain penelitian One group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di MA Unggulan Tlasih-Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 26 siswa yang dipilih secara acak dari dua kelas. Berdasarkan hasil analisis posttest menggunakan uji-t dua pihak didapatkan nilai thitung sebesar 23,23; sedangkan nilai ttabel sebesar 0,648. Karena thitung>ttabel, maka dapat dinyatakan hasil posttest mengalami peningkatan, sedangkan berdasarkan analisis gain, didapatkan bahwa 85% siswa mengalami peningkatan sedang dan sisanya 15% mengalami peningkatan tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.  Pada ranah sikap, rata-rata nilai yang diperoleh pada setiap pertemuan adalah 85 (sangat baik). Pada ranah keterampilan, rata-rata nilai yang diperoleh setiap pertemuan adalah 84 (sangat baik). Berdasarkan hasil angket yang disebarkan diketahui bahwa siswa merespon positif terhadap penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi elastisitas.

 

Kata Kunci : Pembelajaran, pendekatan saintifik, hasil belajar siswa

 

Abstract 

 

The Research has been done in class X MA Unggulan Tlasih-Sidoarjo is aimed to describe the learning management with the scientific approach, describe the learning outcomes and student responses after learning. This research was pre-experimental with one group pretest-posttest design. The population in this research were students of class X MA Unggulan Tlasih- Sidoarjo. The sample in this research consisted of 26 students who were selected from two classes randomly. Based on the results of the posttest analysis using t-test two parties obtained tcount of 23.23; while the value t-table 0.648. Because tcount> t table, it can be stated posttest results have increased. And based on the analysis of gain, it was found that 85% of students are increasing and the remaining 15% experienced a high increase. It can be concluded that the scientific approach to learning with positive effect on student learning outcomes. In the attitudes domain, the average values ​​obtained at each meeting is 85 (very good). In the skills domain, the average value obtained each meeting is 84 (very good). Based on the results of a questionnaire distributed is known that students respons positively to the application of the scientific approach to learning at elasticity.

 

Keyword: Learning, scientific approach, student learning outcome.

Published
2015-02-19
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 55