STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR ANTARA KELOMPOK BELAJAR BERDASARKAN KECERDASAN MAJEMUK DENGAN KELOMPOK BELAJAR BEBAS PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI IPA DI MA UNGGULAN TLASIH SIDOARJO

  • DERYS ARDIANSYAH

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul “Studi Komparasi Hasil Belajar antara Kelompok Belajar Berdasarkan Kecerdasan Majemuk dengan Kelompok Belajar Bebas pada Pembelajaran Fisika Kelas XI IPA di MA Unggulan Tlasih Sidoarjo“, yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dari kelompok belajar berdasarkan kecerdasan majemuk dengan kelompok belajar bebas. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan desain subyek tunggal. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MA Unggulan Tlasih dan sampelnya adalah sama yang ditentukan dengan teknik purpose sampling dimana sampel sebelumnya diberikan tes multiple intelegences yang digunakan untuk menentukan pembentukan kelompok belajar. Berdasarkan penelitian didapatkan nilai rata – rata hasil belajar kelompok berdasarkan kecerdasan majemuk sebesar 86,3 dan 80.9 untuk rata – rata hasil belajar kelompok bebas. Dari kedua data tersebut selanjutnya dianalisis dengan uji t. Berdasarkan uji t diperoleh nilai 3,26 yang selanjutnya di integrasikan pada kriteria pengujian untuk uji t dua pihak dan uji t satu pihak. Dengan demikian didapatkan jika terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok belajar berdasarkan kecerdasan majemuk dengan kelompok belajar bebas pada pembelajaran fisika kelas XI IPA di MA Unggulan Sidoarjo, hasil belajar kelompok berdasarkan kecerdasan majemuk lebih baik dibandingkan kelompok belajar bebas.

 

Kata kunci : Hasil belajar, kelompok berdasarkan kecerdasan majemuk, kelompok bebas

 

Abstract

Study of Comparative Learning Result Between Study Group Based on Multiple Intelligence with Free Study Group on Learning Physics 11th Grade of Science Major in MA Unggulan Tlasih Sidoarjo has been done. That aims to differentiate learning result from study group based on multiple intelligence with free study groups. This research is comparative research with a single subject design. As for the population in this study are 11th grade of science Tlasih and its sample was the sample that was determined with purpose sampling technique, where the previous sample was given a multiple intelligence test wich was used to determine the formation of study groups. Based the result of this research, the average score of group study based on multiple intelligence is 86,3 and 80,9 for the result of these data, it was further analyzed with the t – test. The score of 3,26 was obtained that was being integrated testing critetion for  the t – test of both parties and t – test of one party. Thus, it was obtained if there was a difference on study result of the students between the study group based on multiple intelligence with free study groups on learning physics 11th grade major in MA Unggulan Tlasih Sidoarjo. Study result of the study groups based on multiple intelligence is better than free study groups.   

 

Key word : Learning Result, study group based on Multiple Intelligence, Free study groups

Published
2015-02-19
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 37