PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN K-13 BERORIENTASI DISCOVERY LEARNING (GUIDED DISCOVERY) DENGAN MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES PADA TEMA MOMENTUM DAN IMPULS

  • NUR ISNAINI BM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran K-13 berorientasi discovery learning (guided discovery) dengan melatihkan keterampilan proses pada tema momentum impuls ditinjau dari hasil validasi yang dilakukan oleh para ahli terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan, keterlaksanaan pembelajaran, ketercapaian hasil pembelajaran dan respon peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan ditinjau dari pengamatan ketika uji coba terbatas. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D yang dibatasi hingga tahap develop. Analisis penelitian dilakukan secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran K-13 berorientasi discovery learning (guided discovery) dengan melatihkan keterampilan proses layak digunakan dalam pembelajaran fisika ditinjau dari seluruh aspek. Kelayakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli meliputi kelayakan silabus 83%, RPP 84%, buku ajar 91%, LKS 83% dan lembar penilaian 80%. Kelayakan berdasarkan hasil pembelajaran meliputi kompetensi pengetahuan, keterampilan proses, keterampilan (psikomotor), spiritual dan sikap menunjukkan bahwa rata-rata kelas berada pada skor 3,13-3,44 dengan predikat B sampai A-.

Kata Kunci: pengembangan perangkat, kurikulum 2013 (K-13), discovery learning (guided discovery), keterampilan proses, momentum dan impuls

 

Abstract

This research aim is to describe the feasibility of K-13 teaching materials discovery learning (guided discovery) oriented with train student’s process skills at theme impulse momentum which is observed by the results of the validation about teaching material that is developed, enforceability of learning, the achievement of learning outcomes and student’s responses after participated in learning using teaching material that have been developed by the observations when limited trial. This research is refered to the 4-D model limited until develop stage  Results are analyzed by descriptive quantitative analyzing. The results showed that the K-13 teaching materials discovery learning (guided discovery) oriented with train student’s process skills is decently used in teaching physics in terms of all aspects. Feasibility based on the results of the validation by experts covering 83% eligibility syllabus, lesson plans 84%, textbooks 91%, worksheets and assessment sheets 83% to 80%. Based on the results of the feasibility study include knowledge competence, process skills, skills (psychomotor), spiritual and attitude shows that the average score of the class is at 3.13 to 3.44 with the predicate B to A-.

Keywords: the development of K-13 teaching equipment , 2013 curriculum (K-13), discovery learning (guided discovery), process skills, and impulse momentum

Published
2015-02-19
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 40