PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X MAN MOJOKERTO

  • LIA NIMATULMAULA BM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan keterlaksanaan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimental pada materi listrik dinamis di kelas X MAN Mojokerto. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk, variabel terikat yaitu keterampilan berpikir kritis dan variabel kontrol yaitu guru, waktu pembelajaran dan materi.Dari hasil analisis diketahui seluruh populasi (kelas X-1, X-2, X-3 dan X-4) terdistribusi normal dan homogen. Pada penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas  X-4 sebagai kelas replikasi. Kedua kelas memperoleh pembelajaran yang sama yaitu pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Kelompok belajar didasarkan pada kecerdasan dominan yang dimiliki siswa yaitu kecerdasan logika matematik, kecerdasan linguistik verbal, kecerdasan visual spasial dan kecerdasan kinestetik. Dari hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan peneliti dengan menerapkan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk terlaksana dengan baik dengan nilai rata-rata 3,23 untuk kelas eksperimen X-3 dan 3,19 untuk kelas replikasi X-4. Dengan menggunakan persamaan uji t berpasangan dapat diperoleh besar thitung pada kelas eksperimen X-3 adalah sebesar 3,213647. Besar ttabel dengan N = 39 adalah 1,68595, karena thitung >  ttabel maka H0 diterima. Sedangkan kelas replikasi X-4 besar thitung  adalah sebesar 6,143099. Besar ttabel dengan N = 37 adalah 1,68830, karena thitung >  ttabel maka H0 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pretest dan posttest.Besar indeks gain untuk kelas eksperimen X-3 adalah 0,303 dan kelas replikasi X-4 adalah 0,333 yang artinya peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan kategori peningkatan sedang.

Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk, Keterampilan Berpikir Kritis

 

Abstract

This research aims to describe about accomplished multiple intelligence based learning and improved critical thinking skills of students in the class X MAN Mojokerto . This research was pre experimental. Variable in this research are independent variable is accomplished  multiple intelligence based learning, the  dependent variable is critical thinking skill, and control variable is teacher, learning time and subject matter. From the results of the analysis are known of a whole population (class X-1, X-2, X-3 and X-4) normally distributed and homogeny. In this research taken two classes, class X-3 as a class experiments and replication class X-4 as a class. Both classes get the same learning, it is multiple intelligence based learning. Study groups based in intelligence dominant owned students is the intelligence of the matematical logic intelligence, the verbal linguistic intelligence, visual spasial intelligence and kinestetic intelligence. The result of observation researchers accomplished learning by applying multiple intelligence based learning gets done well with average value of 3,23 for classes  experiments X-3 and 3,19  for class replication X-4. By the use of an equation test t pairs can be obtained large tcount  to that class of experiments X-3 is worth 3,213647 and X-4 is worth 6,143099. Large ttable  with N = 39 is 1,68595 for class X-3 and N = 37 is 1,68830 for class X-4. So can be concluded that there are differences between pretest and posttest. Major index gain for the experimental class is 0,303 and the replication is 0,333 which means an increase in skill critical thinking with category of increase being.

 

Keywords : Multiple Intelligence Based Learning, Critical Thinking

Published
2015-02-19
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 34