PENERAPAN PEBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI DI SMA NEGERI KESAMBEN JOMBANG

Authors

  • FAUZIYATUN NAZIFATUL IFFAH BM

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v3n3.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri Kesamben Jombang setelah menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan teknik mind mapping pada materi fluida dinamis. Penelitian ini termasuk dalam peneitian pre-eksperimental dengan desain  one-group pretest-posttestmenggunakan 1 kelas eksperimen dan 2 kelas replikasi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik di kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengamatan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan peserta didik di ketiga kelas tersebut meningkat signifikan, dengan nilai rata-rata n-gain masing-masing adalah 0,6; 0,5; dan 0,6dalam kategori sedang dan nilai . Nilai rata-rata sikap peserta didik di ketiga kelas tersebut masing-masing adalah 2,78; 2,84; dan 2,78 dengan predikat B dan nilai baik. Nilai rata-rata keterampilan peserta didik di ketiga kelas tersebut masing-masing adalah 2,66; 2,61; dan 2,70 dengan predikat B- dan B.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping, Hasil Belajar.

 

Abstract

This research aimsto describe student’s learning outcomes in class XI of SMAN Kesamben Jombang afterapplied guided inquiry learning use mind mapping technique in the dynamic fluid. Type of research is pre-experimental with one-group pretest-posttest design uses 1 class as experiment and 2 classes as replication. Samples are students of class XI IPA 1, XI IPA 2, and XI IPA 3. Data was collected using observation and testing techniques. The results shows that student’s knowledge in all three classes have increased significantly, with n-gain’s average value are 0,6; 0,5; and 0,6 belog to moderate category and value of . Student’s attitude in all three classes obtains average value which is in B predicate and good value, with each average value of it are 2,78; 2,84; and 2,78. Student’s skills in all three classes obstains average value which are in B- and B predicates, with each average value of it are 2,66; 2,61; and 2,70.

 

Keywords: Guided Inquiry Learning, Mind Mapping, Learning Outcome

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-02-19
Abstract views: 15 , PDF Downloads: 34