PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DENGAN TEKNIK INDEX CARD MATCH PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 MOJOKERTO

  • DAYYA ROTUL LAILI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan teknik index card match pada materi perpindahan kalor. Pada penelitian ini, index card match yang merupakan teknik mencari pasangan kartu index pertanyaan dan jawaban dalam tahap evaluasi sehingga siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran dan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT siswa dapat mengeluarkan pendapat dengan menyebutkan nomor indentitas diri mereka sehingga siswa lebih mudah untuk menerima dan memahami konsep yang diajarkan. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Mojokerto dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Experimental Research. Berdasarkan analisis aspek kognitif siswa menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak diperoleh hasil bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa di kelas kontrol. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan teknik index card match yang diterapkan pada penelitian ini berjalan dengan baik, hal ini didapat dari pengamatan. Respons siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan teknik index card match secara umum baik, hal ini ditunjukkan pada respons siswa tertinggi terdapat pada aspek ketujuh di mana siswa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan teknik index card match memudahkan saya dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal perpindahan kalor dengan rata-rata persentase 94 % (Sangat baik).

 

Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif NHT, teknik index card match, dan hasil belajar.

 

Abstrack

 

This study aims to describe the application of cooperative learning model NHT (Numbered Heads Together) with the index card technique match the heat transfer material. In this study, index cards match looking for a partner who is a technique index card questions and answers in the evaluation phase so that students can play an active role in learning and cooperative learning model NHT students can issue an opinion stating the identity number so that the students themselves are easier to accept and understand the concepts being taught. The study population is a tenth grade students of SMA Negeri 3 Mojokerto and research design used was Experimental Research. Based on the analysis of the cognitive aspects of students using t-test and the two sides of the t-test result that the learning outcomes of students in the experimental class is better than the learning outcomes of students in the control class. The analysis also showed that the type of cooperative learning NHT (Numbered Heads Together) with index cards match techniques applied in this study goes well, it is obtained from observations. The response of students towards cooperative learning NHT (Numbered Heads Together) with the index card technique is generally a good match, this is indicated on the student 's response was highest in the seventh aspect where students cooperative learning model NHT (Numbered Heads Together) with index cards match technique I make it easy to understand and solve the problems of heat transfer with an average percentage of 94% (Very good).

 

Keywords : cooperative learning model NHT, index cards match techniques, and learning result .

Published
2015-02-19
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 25