Penerapan Pembelajaran Berorientasi Levels of Inquiry Terhadap Hasil Belajar pada Sub Pokok Materi Fluida Statis

Authors

  • MARIA CHANDRA SUTARJA

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v3n3.p%25p

Abstract

Peraturan menteri pendidikan nasional (permendiknas)  no 22 tahun 2006 menyatakan bahwa ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan ilmu yang berkaitan dengan cara mencari tahu fenomena alam secara sistematis, bukan hanya berisi pengetahuan yang berkaitan dengan fakta, konsep, dan prinsip, namun menyangkut proses penemuan. Berdasarkan observasi yang dilaksanakan di SMAN 1 Krian, pembelajaran biasa dilaksanakan dengan metode ceramah dan dengan kegiatan laboratorium yang diberikan setelah konsep telah disampaikan. Oleh sebab itu, dilaksanakan penelitian yang bermanfaat untuk memberikan variasi pembelajaran yang memposisikan siswa dapat memperoleh konsep atas kegiatan laboratorium yang dilaksanakan, sehingga dapat mengaitkan fisika sebagai ilmu yang berkaitan dengan cara mencari tahu fenomena alam secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan penerapan pembelajaran yang berorientasi pada levels of inquiry, hasil belajar dan respons siswa terhadap pembelajaran yang berorientasi  pada levels of inquiry. Jenis penelitian yang digunakan berupa true experimental design dengan rancangan  group pre-test and post-test design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran yang berorientasi pada levels of inquiry dapat berjalan dengan baik berdasarkan pengkategorian nilai yang diperoleh. Berdasarkan analisis uji-t satu pihak, diperoleh nilai thitung sebesar 4,49 dan ttabel sebesar 1,67. karena nilai ttabel tidak lebih besar dari nilai thitung, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Respons siswa terhadap pembelajaran berorientasi  levels of inquiry termasuk dalam kategori baik, berarti pembelajaran berorientasi  levels of inquiry dapat diterima dengan baik oleh para siswa.

 

Kata Kunci: Levels of inquiry, fluida statis, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-02-19
Abstract views: 42 , PDF Downloads: 145