Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Multimedia interaktif pada Bahasan Kontinuitas dan Asas Bernoulli di SMA Mengacu Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v3n3.p%25pAbstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan pengembangan perangkat pembelajaran yang dipadukan dengan penggunaan multimedia interaktif yang disesuaikan dengan standar kurikulum 2013. Tahapan pengembangan menggunakan model ADDIE yang dilakukan melalui analysis, design, develop, implementation, evaluation. Pada tahap analysisdilakukan studi pustaka mengenai proses pembelajaran pada kurikulum 2013 menyangkut standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian. Pada tahap designdilakukan penyusunan draft berupa perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, buku ajar, LKS dengan lab virtual PhETsimulation, multimedia interaktif dengan microsoftofficepowerpoint 2010, serta lembar penilaian otentik pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang disesuaikan dengan. Pada tahap develop, draft yang telah disusun tersebut ditelaah dan divalidasi oleh pakar. Kelayakan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil validasi diperoleh ketercapaian indikator pengembangan RPP sebesar 93,75 %, buku ajar sebesar 82,50 %, multimedia 91,25 %, LKS sebesar 93,38 %, serta instrumen penilaian sikap 100 %, pengetahuan 92,86 %, dan keterampilan 95,83 %. Hasil telaah tersebut berada pada rentang ketercapaian antara 81 hingga 100 persen, sehingga dapat dikategorikan sangat baik.Pada tahap implementation, perangkat hasil pengembangan diuji cobakan pada 14 orang peserta didik kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya.Dilakukan evaluation meliputi keterlaksanaan proses pembelajaran, rekapitulasi angket respons peserta didik terhadap penerapan perangkat pembelajaran, serta hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan perangkat pembelajaran dengan multimedia interaktif memiliki keunggulan pada aspek apersepsi dan motivasi dengan persentase 100%, penerapan pendekatan saintifik sebesar 85%. Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa peserta didik menunjukkan respons yang sangat baik yaitu 92,86 % peserta didik atau 13 orang dari 14 peserta didik menganggap pembelajaran dengan multimedia interaktif dapat menyenangkan, menarik, dan lebih memotivasi mereka untuk belajar. Sebanyak 78,57% atau 11 orang dari 14 peserta didik mengharapkan penggunaan multimedia interaktif secara berkelanjutan dalam pembelajaran fisika. Penggunaan fenomena yang menarik dalam multimedia mampu menggugah rasa ingin tahu seluruh peserta didik sebagai objek uji coba yang ditunjukkan respons setuju sebanyak 100%.Hasil belajar menyatakan sebanyak 85,71 % atau 12 dari 14 peserta didik tuntas pada aspek sikap, pengetahuan, keterampilan.
Kata Kunci : Perangkat pembelajaran, kurikulum 2013, multimedia interaktif, fluida dinamis.
Abstract
The purpose of this researchto develop a learning instrument, combined with the use of interactive multimedia is adapted to the curriculum standard 2013. Phase of ADDIE development model is through analysis, design, develop, implementation, and evaluation. At this phase of analysis performed study literature on learning process the curriculumin 2013 concerning the competency standards, content standards, process standards, and assessment standards. At the design phase,creating?? draft a learningi nstrument that includes lesson plans (RPP), text books, worksheets with PhET simulation virtual labs, interactive multimedia with microsoft office power point 2010, as well as anauthentic assessment sheets on aspects of attitudes, knowledge, and skills to conform to the curriculumin 2013. The develop phase, the draft has been reviewed and validated by experts. Feasibility learning instrument based on the results obtained validate the achievement of development indicators for the RPP by 93,75%, 82,50% of textbooks, multimedia 91,25%, 93,38% and worksheets for attitud eassessment instrument 100%, 92,86% knowledge , and 95,83% skill. The results of the study were in the range of achievement between 81 to 100 percent, so it can be considered very good. In the implementation phase, the development result stested on 14 students in class XI Science 9 SMA Muhammadiyah Surabaya. Evaluation performed include feasibility study process, the data questionnaire responses of learners to the application of learning instruments, as well as the results of the assessment of attitudes, knowledge, and skills. Implementation of learning activities with learning with interactive multimedia instrument has the advantage of apperception and motivational aspects of the percentageis 100%., the application of the scientific approach is 85%. Based on theresults of questionnairesknownthatlearnersshowed a verygoodresponsethat 92,86% students of 14 or 13 people assume learners with interactive multimedia learning can be fun, exciting, and motivating them to learn more. Amount of 78,57% or 11 of 14 learners, expect the sustainable use of interactive multimedia in learning physics. The use of an interesting phenomenon in multimedia capable intriguingly all learners as test objects were shown disagree as much as 100% response. Stated learning outcomes as much as 85,71% or 12 of 14 students completed the aspect of attitude, knowledge, skills.
Keywords: learning instrument, curriculum 2013, interactive multimedia, dynamic fluid.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

