PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KALOR DAN PERUBAHAN WUJUD ZAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 15 SURABAYA

  • FANDI IRAWAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan pendekatan saintifik pada materi kalor dan perubahan wujud zat terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 15 Surabaya. Penelitian dilakukan di SMAN 15 Surabaya pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian true-experimental design dengan desain penelitian randomized control group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 sampai kelas X IPA 9 di SMAN 15 Surabaya. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 1, X IPA 6, X IPA 8, X IPA 9 yang diambil dengan metode random sampling. Hasil pretest dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas, didapatkan hasil bahwa semua kelas berdistribusi normal dan homogen. Nilai posttest dianalisis dengan uji hipotesis, yaitu uji-t satu pihak dan uji-t dua pihak. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran yang biasa digunakan di sekolah dengan pendekatan saintifik. Hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik lebih baik dari hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran yang biasa digunakan di sekolah dengan pendekatan saintifik. Hasil belajar pada ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan mengalami perbaikan disetiap pertemuan. Hal tersebut mengindikasikan model pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi kalor dan perubahan wujud zat di SMA Negeri 15 Surabaya. Pada proses pembelajaran masih teramati beberapa siswa yang cenderung kurang aktif melakukan refleksi terhadap fenomena yang diberikan guru. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan di atas, disarankan agar peneliti sebagai guru memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa pada proses pembelajaran melalui model pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik supaya siswa lebih aktif dan mampu melakukan refleksi terhadap fenomena yang diberikan guru.

 

Kata kunci               : Problem Based Learning, pendekatan saintifik, hasil belajar

 

Abstract

 

This research aims to analyze the effect of application learning model’s problem based learning (PBL) with scientific approach at heat and matter’s changing states to learning outcomes of grade X SMAN 15 Surabaya’s students. Research was conducted in SMAN 15 Surabaya in 2013/2014 academic year. This Research is a true-experimental design with a randomized control group pretest posttest. Populations of research were the grade X students. Samples were the X IPA 1, X IPA 6, X IPA 8, X IPA 9, samples were taken by using random sampling. Pretest’s value is analyst with normal test and homogeny test. Based of normal test and homogeny test result, it was obtained a result that all of class is normal and homogeny. Posttest value is analyzed with t-test one side and t-test two side. Based on the analyzes result, it was obtained that there was difference student’s learning outcomes between student’s learning outcomes by application problem based learning (PBL) with scientific approach and student’s learning outcomes by conventional learning in school with scientific approach. Student’s learning outcomes by application problem based learning (PBL) with scientific approach is better than student’s learning outcomes by conventional learning in school with scientific approach. Learning outcomes of student in knowledge, attitude, skill rises at every meeting. It is indicated that PBL model’s learning with scientific approach gives positive effect to learning outcomes of grade X SMA Negeri 15 Surabaya’s students in heat and matter’s changing states. At learning process still watch some student that active less do reflection to phenomenon is given by teacher. Based on analyzes and conclusion, advice from researcher to give a more treatment to student in learning process that application of learning model PBL with scientific approach .

 

Keywords : Problem Based Learning, Scientific Approach, Learning Outcomes

Published
2015-02-19
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 97