PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI ALAT OPTIK UNTUK MELATIHKAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X SMAN 3 SURABAYA

  • HERMAWAN

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan instrumen yang digunakan guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM).Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan kurikulum 2013 dengan pendekatan scientific. Pendekaan scientific dipilih karena mampu melatihkan sikap ilmiah siswa dan menumbuhkan rasa ingin tahu yang sangat tinggi terhadap mata pelajaran yang akan diajarkan. Metode penelitian yang digunakan adalah model 4-D Thiagarajan yang merupakan metode penelitian pengembangan terdiri dari pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop),danpenyebaran (Disseminate). Data dikumpulkan berupa hasil telaah dan validasi perangkat pembelajaran oleh 2 dosen ahli dan 1 guru mata pelajaran. Hasil belajar siswa diberikan tes tertulis untuk mengetahui data kuantitafif siswa. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui sikap ilmiah siswa yang dilatihkan dan aktivitas guru saat KBM berlangsung. Uji coba dilakukan di kelas X MIA 1 SMAN 3 Surabaya.Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran kurikulum 2013 yang dikembangkan melalui pendekatan scientific layak untuk digunakan. Sikap ilmiah yang dilatihkan pada pertemuan pertama dengan presentase sebagai berikut sikap jujur sebesar 78 %, sikap berpikir kritis sebesar 77 %, sikap terbuka sebesar 78 %, sikap ingin tahu sebesar 78 %. Sedangkan pada pertemuan kedua sikap jujur yang terbentuk sebesar 85 %, sikap berpikir kritis sebesar 85 %, sikap terbuka sebesar 85 %, sikap ingin tahu 87 %. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa sikap ilmiah siswa meningkat setiap pertemuan, hal ini menunjukkan bahwa sikap ilmiah siswa.yang dilatihkan sudah terbentuk.

 

Kata kunci :Pendekatan Scientific, Pengembangan Model 4-D, Sikap Ilmiah

 

Abstract

Equipment learning is an instrument that teacher applies to do learning process (KBM).Developed learning equipment uses the 2013 curriculum with scientific approach.The scientific approach is chosen because it is possible to train scientific behaviour and to grow curiosity upon the taught subjects.The Method Research used is 4-D. The method which is development method research consists of definition, design, development, and dissemination.Data submitted is the result of research and the validation of equipment learning by two lectures and one teacher.The study result of student is given a written-tester to discover the student quantity data.Observation technique is applied to find out the trained students scientific behaviour and teacher’s activity during learning process. The result of research showed the 2013 curriculum of equipment learning that developed by proper scientific approach. Trained scientific behaviour in the first meeting with percentages honesty 78%, critical thinking 77%, open minden behaviour 78%, curiosity 78%. While in the second meeting honesty is built 85%, critical thinking 85%, open minded behaviour 85%, curiosity 87%. From that result, it can be concluded that scientific behaviour increases every meeting. This showed that trained scientific behaviour has been built.

 

Keywords:Scientific Approach, Development of 4-D Model, Scientific Behaviour

Published
2015-02-19
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 449