Pengaruh Strategi Pembelajaran Building Learning Power Terhadap  Hasil Belajar Siswa Pada Materi Rangkaian Arus Searah Di Kelas X MAN 6 Jombang

  • ACEK PURNAWAN

Abstract

Kemampuan siswa tidak hanya dibangun dari bidang akademik tetapi juga harus selaras dengan karakter siswa itu sendiri maka untuk mendapatkan kemampuan siswa yang maksimal diperlukan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. Berlatar belakang dari permasalahan pendidikan yaitu siswa kurang antusias terhadap proses belajar mengajar maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan strategi pembelajaran Building Learning Power (BLP) di MAN 6 Jombang, serta mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran BLP terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan True Experimental Design. Objek penelitian diberikan pre-test sebelum perlakuan dan post-test setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran BLP terlaksana dengan baik yang diindikasikan dengan adanya respon positif siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan sebesar 0,72 %. Hubungan antara strategi pembelajaran BLP terhadap hasil belajar mempunyai koefisien korelasi yang tinggi yaitu sebesar 0,615 dan 0,13 serta dianalisis dari regresi dengan koefisien sebesar 0,86 dan 0,61. Hasil ketercapaian belajar siswa dihitung menggunakan gain ternormalisasi yaitu kelas eksperimen dengan nilai <g> sebesar 0,734 dan 0,714 dibandingkan kelas kontrol dengan nilai <g> sebesar 0,531. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa serta pembelajaran dapat terlaksana dengan baik disekolah MAN 6 Jombang.

 

Kata Kunci: Building Learning Power, pre-test, post-tes, hasil belajar

 

Abstract

The ability of the students are not only built from the academic field but also must be in harmony with the character of the students themselves to get the maximum ability of students required for effective and efficient learning strategies. Based on the educatinal problems that students are less enthusiastic about the learning process, the purpose of this study is to describe the achievement of Building Learning Power (BLP) learning strategy in MAN 6 Jombang, as well as describing the effect of BLP learning strategies on learning outcomes of students. This study uses a True Experimental Design. The object of research is given a pre-test before treatment and post-test after treatment. The results showed that the BLP learning strategies implemented well that indicated the presence of a positive response of students towards learning undertaken by 0.72%. BLP relationship between learning strategies on learning outcomes have a high correlation coefficient is equal to 0.615 and 0.13 and analyzed from a regression with coefficient of 0.86 and 0.61. The results of students' learning achievement normalized gain is calculated using the experimental class with a <g> value of 0.734 and 0.714 compared the control class with a <g> value equal to 0,531. The conclusion of this research is a learning strategy significantly affect student learning outcomes and learning can be done well in  MAN 6 Jombang.

 

Keywords: Building Learning Power, pre-test, post-tes, learning outcomes

Published
2015-02-19
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 23