Pengaruh Model Pembelajaran Just-In-Time Teaching (JITT) Dengan Media Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Perpindahan Panas Di SMAN 1 Wonoayu

  • PANDU PRASOJO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, hasil belajar dan Respons siswa terhadap model pembelajaran Just-In-Time Teaching (JITT) dengan media Facebook pada materi perpidahan panas. JITT merupakan model pembelajaran berbasis inkuiri yang memanfaatkan penggunaan internet dan umpan balik antara siswa dan guru, baik di dalam kelas maupun di luar kelas yang terdiri dari tiga fase yaitu Warm Up, Adjusting Concept, dan Applying Concept. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMAN 1 Wonoayu dan rancangan penelitian yang digunakan adalah true experimental Pretest-Posttest Control-Group Design. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran JITT dengan media Facebook mendapat kategori baik. Dengan menggunakan analisis uji-t dua pihak dan satu pihak hasil belajar antara kelas yang menggunakan pembelajaran model JITT dengan media Facebook lebih tinggi daripada kelas yang tidak menggunakan model JITT dengan nilai rata-rata 76 untuk kelas ekperimen dan 59 untuk kelas kontrol. Pada aspek keterampilan pembelajaran dengan JITT mampu melatihkan keterampilan mengamati dan mengkomunikasikan lebih baik namun lemah di keterampilan mengasosiasikan sehingga perlu integrasi dengan strategi yang lain.  Berdasarkan hasil angket respons siswa terhadap model pembelajaran JITT dengan media Facebook termasuk dalam kriteria yang baik.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Just-In-Time Teaching (JITT), Facebook, hasil belajar

 

 

Abstract

The aim of this study is describe the feasibility, learning outcomes and student responses to the learning model Just-In-Time Teaching (JITT) in media Facebook for Heat Transfer concept.  JITT is inquiry-based learning model that exploit the Internet usage and  feedback of learning between students and teachers  in the classroom and outside the classroom. That consists of three phases namely Warm Up, Adjusting Concept and Applying Concept. The population of this study is class X Science SMAN 1 Wonoayu. The design of the study is true experimental pretest-posttest control-group design. Based on the results of the study show the feasibility of learning model JITT media Facebook gets a good rating. By using t-test analysis two party and one party learning outcomes between the classes that use the model of learning with media Facebook JITT higher than the class that does not use the model JITT. The result is average value of 76 for the experimental class and 59 to the control class. In the aspect of learning skills wit. The  JITT can teach the student for observing and communicating skills, but it is weak in associating skills so this study need to be integrated with other strategies. Based on the results of the students' questionnaire responses JITT learning model with media Facebook is included in good criteria.

 

Keywords: Just-In-Time Teaching Model Learning, Facebook, and Learnig outcomes. 

Published
2015-02-19
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 1487