Pengembangan Perangkat Pembelajaran Guided Discovery dalam Melatihkan Kemampuan Memecahkan Masalah Materi Listrik Arus Searah Kelas XII SMA Negeri 1 Krian
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v4n1.p%25pAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran guided discovery untuk melatihkan kemampuan memecahkan masalah materi listrik arus searah ditinjau dari hasil validasi yang dilakukan oleh para ahli terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan, keterlaksanaan pembelajaran, ketercapaian hasil pembelajaran dan respon peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan ditinjau dari pengamatan ketika uji coba terbatas. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D yang dibatasi hingga develop. Analisis penelitian dilakukan secara diskriptif kuantitatif. Hasil peelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran guided discovery dalam melatihkan kemampuan memecahkan masalah layak digunakan dalam pembelajaran fisika ditinjau dari seluruh aspek. Kelayakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli meliputi kelayakan silabus 85%, RPP 87%, LKS 87%, buku siswa 93% dan lembar penilaian 81%. Kelayakan berdasarkan hasil pembelajaran meliputi kompetensi pengetahuan, keterampilan (proses), keterampilan (psikomotor), sikap menunjukkan bahwa rata-rata kelas berada pada skor 3,33-3,66 dengan predikat B+ sampai A-.
Kata kunci: pengembangan perangkat, guided discovery, pemecahan masalah, listrik arus searah
Abstract
This research aim is to develop  teaching materials using guided discovery to fasilities ability problem solving at theme direct current which is observed by the results of the validation about teaching material that is developed, enforceability of learning, the achievement of learning outcomes and student’s responses after participated in learning using teaching material that have been developed by the observations when limited trial in school. This research is refered to the 4-D model limited until develop stage. Results are analyzed by the descriptive quantitative analyzing. The results showed that teaching materials guided discovery with train problem solving is decently used in teaching physics in term of all aspects. Feasibility based on results of the validation by experts covering 85% eligibility syllabus, lesson plans 87%, worksheets 87%, textbooks 93% and assesments sheets 81%. Based on the resuls of the feasibility study include knowledge competence, process skils, psychomotor skills and attitude shows that the average score of the class is at 3.33-3.66 with the predicate B+ to A-
Keywords: development, guided discovery, problem solving, direct curprent
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

