PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (Numbered Heads Together) PADA MATERI FLUIDA STATIK BERORIENTASI KURIKULUM 2013

  • ARFENTHA SARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran kooperatif tipe NHT, hasil belajar siswa dan respon siswa pada materi Fluida Statik berorientasi pada kurikulum 2013. Desain penelitian ini adalah pre-test and post-test group. Objek penelitian diberikan pre-test sebelum treatment kemudian diberikan post-test setelah treatment. Berdasarkan hasil analisis pre-test dan post-test dengan menggunakan uji t-signifikasi didapatkan nilai thitung pada setiap kelas sebesar 16,176; 15,514; dan 13,789. Ketiga nilai thitung <  ttabel. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang berorientasi pada kurikulum 2013 dapat meningkat secara signifikan dan persentase skor gain ternormalisasi mencapai kategori tinggi dan kategori sedang. Dengan terlaksananya model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang berorientasi pada kurikulum 2013 untuk materi Fluida Statik di kelas X MIA SMAN 2 Mojokerto dapat terlaksana dengan baik sehingga diperoleh hasil belajar siswa dapat meningkat secara signifikan terbukti dengan persentase jumlah siswa kategori tinggi sebesar 15,68% dan kategori sedang sebesar 85,27%.

Kata Kunci: kooperatif tipe NHT, Kurikulum 2013.

                 Abstract

This study aimed to describe the management of NHT type cooperative learning, student learning outcomes and student responses on Static Fluid material oriented curriculum in 2013. This study was a pretest and posttest group. The object of research is given a pre-test before treatment and then given a post-test after treatment. Based on the results of the pre-test and post-test with used t signification so t value obtained in each class at 16.176; 15.514; and 13.789. These three values of t is greater than t table. Therefore, it can be concluded that student learning outcomes after implementation of cooperative learning NHT oriented curriculum can be improved significantly in 2013 and the percentage of normalized gain scores reach high and medium category. With the implementation of cooperative learning NHT oriented curriculum in 2013 for the material in class X Static Fluid MIA SMAN 2 Mojokerto can be done well, in order to obtain student learning outcomes can be improved significantly as evidenced by the high percentage of 15 categories, 68% and amounted to 85.27% average category.

Keywords: cooperative type NHT, Curriculum 2013.

Published
2015-02-19
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 36