Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Software Proteus terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Rangkaian Arus Bolak-Balik di Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Sumberrejo

  • MUHAMMAD HUSAIN

Abstract

Kurangnya fasilitas pendukung proses pembelajaran pada materi arus bolak-balik membuat peneliti melakukan pemanfaatan media simulasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, pengaruh terhadap hasil belajar, dan respon siswa pada pembelajaran menggunakan media software proteus pada materi rangkaian arus bolak-balik. Penelitian ini menggunakan desain  Pra-Eksperimental satu kelompok pretest-posttest dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMAN 1 Sumberrejo dan sampel penelitian terdiri atas dua kelas eksperimen (XII IPA 2 dan XII IPA 3). Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran pada kelas XII IPA 2 mencapai 96,97 % dari keseluruhan tahapan pembelajaran dengan kriteria sangat baik (SB). Pada kelas XII IPA 3 keterlaksanan pembelajaran mencapai mencapai 96,97 % dari keseluruhan tahapan pembelajaran dengan kriteria sangat baik (SB).  Pengaruhnya terhadap hasil belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan pada ranah sikap kelas XII IPA 2 memperoleh kriteria baik (B) dan kelas XII IPA 3 memperoleh kriteria  sangat baik (SB), pada ranah keterampilan kelas XII IPA 2 memperoleh kriteria baik (B) dan kelas XII IPA 3 memperoleh kriteria  baik (B), pada ranah pengetahuan kelas XII IPA 2 terdapat perbedaaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dengan gain 0,58 dengan kriteria sedang dan kelas XII IPA 3 terdapat perbedaaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dengan gain 0,53 dengan kriteria sedang. Seluruh kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan mendapatkan respon positif dari siswa sebesar 88,22% dan masuk kriteria baik (B). Maka dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan media software proteus terlaksana dengan sangat baik dengan peningkatan hasil belajar yang signifikan dan memperoleh tanggapan positif dari siswa.

Kata Kunci: software proteus, arus bolak-balik, hasil belajar.

 

Abstract

Lack of facilities to support the learning process in an alternating current material makes researchers performed the use of simulation media. The purpose of this study was to describe the feasibility, the effect on learning outcomes, and student responses to learning using the Proteus software media on alternating current circuit material. This study used a pre-experimental design one group pretest-posttest study with population was all students in the XII Science class SMAN 1 Sumberrejo and study sample consisted of two experimental classes (XII Science 2 and XII Science 3). The results showed feasibility study on XII Science 2 class reaches 96.97% of the entire learning stages with the very well criteria (SB). In XII Science 3 class feasibility study reached 96.97% of the entire learning stages with the very well criteria (SB). The effect on learning outcomes can improve student learning outcomes in the realm of attitudes in XII Science 2 class obtain good criteria (B) and XII Science 3 class obtain very well criteria (SB), in the realm of skills XII Science 2 class obtain good criteria (B) and class XII Science 3 obtain good criteria (B), in the realm of knowledge XII Science 2 class get a significant difference between pretest and posttest results with a gain of 0.58 with medium criteria and in XII Science 3 class get a significant difference between pretest and posttest results with a gain of 0.53 with with medium criteria. All learning activities that have been done get a positive response from the students was 88.22% and obtain good criteria (B). So we can conclude the learning process using software proteus media very successfully with a significant increase in learning outcomes and acquire a positive response from students.

Keywords: proteus software, alternating current, learning outcomes.

Published
2015-02-19
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 60