Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Dengan Model Guided Discovery Berbasis Kegiatan Laboratorium Riil dan Kegiatan Laboratorium Virtual Pada Materi Listrik Dinamis

  • RIFQI FACHRUDDIN

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbandingan hasil belajar siswa antara siswa yang diberi kegiatan laboratorium riil dan kegiatan laboratorium virtual dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery pada materi Listrik Dinamis. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA R. Rahmat Balongbendo dengan rancangan penelitian menggunakan penelitian komparasi. Sampel yang digunakan adalah kelas X-1 dengan jumlah 30 siswa dan kelas X-2 dengan jumlah 30 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kegiatan laboratorium riil dan kegiatan laboratorium virtual memiliki pengaruh yang sama terhadap hasil belajar siswa dengan uji dua rata-rata t sebesar 0,46. Karakteristik yang didapatkan yaitu kegiatan laboratorium riil melatihkan keterampilan menggunakan alat ukur lebih baik dibanding kegiatan laboratorium virtual.

 

Kata Kunci: Guided Discovery, kegiatan laboratorium riil, kegiatan laboratorium virtual.

 

Abstract

This study aims to describe the differences of student achievement between physical experiment and virtual experiment. Population of research is student of X grade of SMA R. Rahmat Balongbendo with the research design uses comparative research method. The sample used was Class X-1 with a total of 30 students and Class X-2 with a total of 30 students. Based on the research that has been done, there is no difference between physical experiment and virtual experiment with t = 0,46. The characteristic is physical experiment gives better score of skill in using measurement tools than virtual experiment.

 

Keywords: Guided Discovery, physical experiment, virtual experiment.

Published
2015-02-19
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 29