Pengembangan Instrumen Authentic Assessment Berbasis Kinerja dalam Pembelajaran Fisika pada Sub Pokok Bahasan Titik Berat Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Taman

  • PUTRI NINI YULIANA

Abstract

Dalam Kurikulum 2013 mempertegas adanya pergeseran dalam melakukan penilaian, yakni dari penilaian melalui tes, menuju penilaian autentik. Penilaian autentik terhadap kompetensi keterampilan siswa dapat dilakukan melalui penilaian kinerja. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis melalui wawancara terhadap guru Fisika, didapatkan informasi bahwa guru masih kesulitan dalam menyusun format penilaian kinerja sesuai Kurikulum 2013. Sebagai respon dari permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan produk instrumen penilaian autentik berbasis kinerja dalam pembelajaran fisika serta mendeskripsikan kelayakannya. Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D). Pada penelitian ini hanya dibatasi pada tahap studi pengembangan yang sampai pada tahap pengujian dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, XI MIA 4, XI MIA 5 dan XI MIA 6 di SMA Negeri 1 Taman. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan instrumen authentic assessment berbasis kinerja pada sub pokok bahasan titik berat siswa kelas XI SMA Negeri 1 Taman yang memenuhi kriteria validitas dengan kategori sangat baik/sangat valid. Penilaian dengan menggunakan instrumen authentic assessment berbasis kinerja pada sub pokok bahasan titik berat di kelas XI SMA Negeri 1 Taman dapat terlaksana dengan kriteria sangat baik. Instrumen authentic assessment berbasis kinerja dapat membuat aktivitas belajar siswa lebih baik, sehingga diperoleh hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Taman pada aspek pengetahuan dengan n gain sebesar 0,33 dengan kriteria peningkatan sedang, pada aspek keterampilan diperoleh rata-rata 3,37 dengan predikat A-, dan pada aspek sikap diperoleh rata-rata 3,12 dengan kategori baik. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan adalah penilaian yang dilakukan dapat lebih disesuaikan dan dipertimbangkan lebih lanjut dengan situasi, kondisi, dan kebutuhan yang ada, perlu diperhatikan bentuk penilaian yang bersifat objektif untuk menghindari kesan subjektivitas dalam hal penilaian hasil belajar siswa, dan diperlukan adanya beberapa sumber atau referensi yang lebih lanjut  dalam penyusunan penilaian yang sesuai dengan standar maupun kriteria penilaian yang baik dan benar.

 

Kata Kunci: penilaian autentik, kinerja, hasil belajar siswa.

 

Abstract

In Curriculum 2013, reinforces the shift in the assessment, from assessment through tests, towards authentic assessment. Authentic assessment of the competence of the student's skills can be done through the performance assessment. Based on preliminary studies conducted by the author through interviews with teachers of Physics, obtained information that the teacher is still difficulty in preparing appropriate performance assessment format in 2013 Curriculum. In response to these problems, then conducted  research development that aims to produce authentic assessment instrument based on performance in learning physics and describe its feasibility. Development authentic performance-based assessment instrument refers to methods of research and development (R & D). In this study, only limited to the phase of the study which reached the stage of testing by using one group pretest-posttest design. The population in this study were students of class XI MIA 1, XI MIA 2,  XI MIA 3, XI MIA 4, XI MIA 5 and XI MIA 6 at SMA Negeri 1 Taman. The sample in this study were students of class XI MIA 1. Based on the research results it can be concluded that have produced authentic assessment instrument based on the performance in sub topic center of gravity in class XI SMA Negeri 1 Taman that fulfill the criteria of validity to the category of very good / very valid. Assessment using authentic assessment instrument based on the performance of sub topic center of gravity in class XI SMA Negeri 1 Taman can be accomplished with very good criteria. Authentic instrument performance-based assessment make the activity of student learning better, so gained  student learning outcomes in class XI SMA Negeri 1 Taman in the aspect of knowledge with n gain of 0.33 with the criteria of a medium increase, in the aspect of skill gained an average of 3.37 with a predicate A-, and the aspects of attitudes gained an average of 3, 12 in good categories. Advice can be given based on the research that has been done is the assessment may be adapted and further consideration by the situation, and need, to consider the form of assessment is objective to avoid the impression of subjectivity in terms of assessment of student learning outcomes, and required the existence of multiple sources or references that further in the preparation of the assessment in accordance with the standards and criteria of good and right.

 

Keywords: authentic assessment, performance, student learning outcomes.

Published
2015-02-19
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 71