Penerapan Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Pada Materi Alat-Alat Optik Di MTs Al Falah Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v4n1.p%25pAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa yang meliputi penilaian kognitif, psikomotor dan afektif dengan menerapkan model pembelajaran langsung berbasis praktikum pada materi alat-alat optik di MTs Al Falah Probolinggo. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, tes dan angket. Teknik observasi digunakan untuk menentukan sampel penelitian, karakteristik, setting penelitian, aktivitas guru dan siswa dalam model pembelajaran langsung berbasis praktikum, sedangkan teknik tes untuk mendapatkan data berupa skor tes sebagai hasil belajar siswa dan teknik angket untuk mengetahui pendapat atau tanggapan siswa dalam model pembelajaran langsung berbasis praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung berbasis praktikum dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat-alat optik di MTs Al Falah Probolinggo. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis dan pembahasan pada aspek afektif, rata-rata yang diperoleh adalah 2 dengan kategori cukup. pada aspek psikomotor, rata-rata yang diperoleh adalah 3 dengan kategori baik. Pada aspek kognitif, dari uji-t diperoleh thitung = 8.955045 > ttabel = 2.07 dengan taraf signifikansi 14α=0.05.">
Kata Kunci: hasil belajar siswa, model pembelajaran langsung berbasis praktikum, alat-alat optik.
Abstract
The purpose of this study was to describe student learning outcomes include assessment of cognitive, psychomotor and by applying model of direct instruction based practical in optical instruments in MTs Al Falah Probolinggo. This research method is quantitative. Data was collected using observation, test and questionnaires techniques. Observation techniques used to determine the study sample, characteristics, study setting, the activities of teachers and students in model of direct instruction based practical, while test to obtain data such as test scores and student learning outcomes questionnaire technique to find out the opinion or responses of students. The results showed that the application model of direct instruction based practical improve student learning outcomes in the optical instruments in MTs Al Falah Probolinggo. It can be seen from the results of the analysis and working through on affective aspects, the mean that procurable that is 2. On psychomotor aspects, the mean that procurable that is 3. Procurable cognitive aspects from t-test that is, tcount = 8.955045 > ttable = 2.07 with significance scale 14α=0.05.">
Keywords: students learning outcomes, model of direct instruction, practical, optical instruments.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

