Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Gelombang Berorientasi K-13 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas  XI MA Negeri Mojokerto

  • RISKI FAIZUROZI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kelayakan dan kepraktisan perangkat pembelajaran materi gelombang berorientasi K-13 untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pengembangan perangkat ini menggunakan model ADDIE. Hasil ujicoba terbatas perangkat pembelajaran berbasis K-13 dilaksanakan di kelas XI IPA 1 MA Negeri Mojokerto. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis K-13 layak digunakan secara teori menurut para ahli dan praktis digunakan berdasarkan peningkatan hasil belajar. Rata-rata penilaian ahli yaitu pada silabus 75%, RPP 74%, Handout 71,88%, LKS 73,16%, dan lembar penilaian 83,33%. Hasil belajar siswa yang terintegrasi keterampilan saintifik mengalami peningkatan secara signifikan sebesar 22,24 dengan baik dan tuntas setelah melakukan pembelajaran berbasis K-13 dengan peningkatan klasikal sebesar 93,33%. Respons siswa terhadap pembelajaran berbasis K-13 sangat baik, hal ini didukung dengan sebanyak 73,33% siswa sangat setuju jika materi-materi yang lain menggunakan pembelajaran berbasis  K-13.

 

Kata kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, gelombang, keterampilan saintifik.

 

Abstract

This research aims to describe properness and effectiveness of learning equipment of wave with curriculum of 2013 orientation to increase student’s learning outcomes. The development was used ADDIE model. The result of implementation of learning equipment based curriculum of 2013 was conducted in eleventh grade of MA NegeriMojokerto. Based on analysis, it can be conclude that learning equipment that has been developed is proper and effective to use in learning activity based on gain score of students. The properness from validation process has score of syllabi 75%, lesson plan 74%, handout 71,88%, worksheet 74,38%, and assessment of 83,33%. Learning outcomes of student with integration of scientific abilities increase significantly with score 22,24 or good and classical complement after doing learning based on curriculum of 2013 is 93.33%. Students response towards learning based on curriculum 2013 is very good, it supports from 73,33% of students agree whether another matter use curriculum of 2013.

 

Keywords: learning equipment development, wave, scientific ability.

Published
2015-07-05
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 24