Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X

  • DEWI CAHYA FITRI

Abstract

Penelitian ini  tujuan untuk mendeskripsikan  pembelajaran, hasil belajar, dan respon siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre experimental design dengan desain one group pretest-posttest design serta menggunakan 1 kelas eksperimen dan 2 kelas replikasi yang bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar dan respon siswa melalui penerapan pendekatan saintifik pada materi alat optik. Populasi penelitian ini adalah kelas X-MIA sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIA2 dan X-MIA3 sebagai kelas replikasi I dan II yang ditentukan secara random sampling. Penelitian dimulai dengan memberikan pretest pada sampel penelitian, selanjutnya dilakukan kegiatan pembelajaran. Pada akhir kegiatan penelitian dilakukan posttest untuk mengetahui hasil belajar ranah kognitif siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t dari kelas eksperimen terhadap dua kelas replikasi adalah berturut-turut t =28,98, t=20,23, dan t = 12,98 sedangkan nilai ttabel dengan taraf signifikan untuk kelas eksperimen dan dua kelas replikasi sebesar 0,05 adalah 1,694; 1,696; dan 1,696. Dari perbandingan nilai tersebut diperoleh bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik saintifik pada kelas X-MIA1, X-MIA2, dan X-MIA3 mengalami peningkatan rerata gain yang signifikan pada materi alat optik. Saran berdasarkan hasil penelitian yaitu memperhatikan alokasi waktu saat mengajar karena pahami betul-betul apa yang akan dilakukan dan pastikan sesuai dengan rencana.

 

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Alat Optik.

 

Abstract

This study aim to describe learning, learning outcomes and student response. This research is pre experimental research design with the design of one group pretest-posttest design and use 1st class and 2nd class replication experiment that aims to determine the feasibility of learning, learning outcomes and student response through the application of scientific approach to the material of optical devices. The population was class X-MIA while samples in this study were class X-MIA1 as experimental class and a class X-MIA2 and X-MIA3 as replication class I and II were determined by random sampling. The study began by giving a pretest in the study sample, further learning activities. At the end of the research activities conducted posttest to determine the cognitive learning outcome of students. The data obtained in the study were analyzed using t-test. T-test results of the experimental class to two classes in a row replication is t = 28.98, t = 20.23, and t = 12.98, while the value ttable with a significant level for the experimental class and two classes of replication of 0.05 is 1.694; 1.696; and 1.696. From the comparison of the values ​​obtained that t count> t table. Thus it can be stated that the scientific approach to scientific learning in class X-MIA1, X-MIA2, and X-MIA3 experienced a significant increase in the average gain in the material of optical devices. Advice based on the results of research that the allocation of time when teaching because really understand what to do and make sure accordance with the plan.

 

Keywords: Scientific approach, Student Results, and Optical..  

 

Published
2015-07-05
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 31