PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR SISWA SMP KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN GADGET ANDROID

  • DIKY YULISAL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari validitas dan respon siswa terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan. Validitas didasarkan pada elemen-elemen penilaian, yaitu KI, KD, dan Indikator pembelajaran, tampilan media, ilustrasi, bahasa, isi, dan konsistensi. Pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini menggunakan desain penelitian research and development (R&D) menurut Borg & Gall hanya sampai langkah ke lima, yaitu sampai tahap revisi produk. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh 2 orang dosen fisika UNESA, 1 developer androidBEE, dan 3 guru IPA SMP Negeri 12 Surabaya, serta dinilaioleh 32 siswa-siswi kelas VII SMP NEGERI 12 Surabaya untuk uji respon media pembelajaran. Media pembelajaran dikatakan layak apabila presentase penilaian yang diberikan oleh validator-validator pada kategori baik (≥ 61%) dan memperoleh respon positif dari siswa jika presentase pada kategori menarik (≥ 61%). Berdasarkan validasi media pembelajaran pada gadget androiddengan pokok bahasan kalor dan perpindahan kalor yang telah dilakukan, media pembelajaran yang dikembangkanini layak untuk digunakan dalam pembelajaran di jenjang pendidikan SMP. Presentase kelayakan media pembelajaran yang telah dilakukan mendapatkan hasil rata-rata presentase sebesar 82,04% dengan kategori sangat layak dan uji respon siswa yang telah dilakukakan memperoleh hasil rata-rata sebesar 77,04% dengan kategori menarik. Untuk penelitian selanjutnya, pengembangan media pada gadget android agar lebih interaktif, menarik, dan aplikatif sebagai media pembelajaran yang membantu siswa dalam pembelajaran.

 

Kata kunci :Gadget, Android, Kalor.

 

Abstract

This research was conducted to describe the results of media validity and students’ response against learning media that has been developed. The validity itself is based on elements of assesment, which are: core competense, basic competence, and learning indicators, interface, illustration, language, content, and consistency. To develop this learning media, Borg & Gall’s R&D research design up until the fifth point was used, which is product revision. The learning media was developed and validated by 2 physics lecturers from UNESA, 1 android developer from BEE, and 3 science teachers from SMP 12 Surabaya,  and was assessed by 32 7th grader students of SMP NEGERI 12 Surabaya. The learning media can be called worthy if the validators gave good rating (≥ 61%), and obtains postive response (≥ 61%) from students. Based on learning media validation on android gadget with heat and heat transfer subject that has been done, this media is indeed worthy to be used in junior high school education level.It has a very worthy category with average percentage value of 82,04% given by the validators, and after the students tested it, they gave an average percentage value of  77,04%. For future researches, any development of the media should be made more interactive, attractive, and applicative to help the students with their learning.

 

Keywords :Gadget, Android, Heat

Published
2015-07-05
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 56