PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS E-LEARNING PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS

  • SOFATUL MARWAH BM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran fisika berbasis e-learning, hasil belajar siswa, respons siswa, aktivitas siswa, dan kendala selama penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain one group pre-test and post-test design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo pada bulan Maret – April 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang terdiri atas X MIA 3 (33 siswa), X MIA 4 (33 siswa), dan X MIA 7 (34 siswa) semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pemberian soal pre-test dan post-test, dan angket. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji t, n-gain score, dan uji ANAVA untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap perlakuan yang telah diberikan pada materi fluida statis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan keterlaksanaan proses pembelajaran fisika berbasis e-learning pada kelas eksperimen, replikasi 1, dan replikasi 2 sebesar 91,67%, 92,50%, dan 93,75% dalam kategori sangat baik ditinjau dari skor penilaian keterlaksanaan. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen, replikasi 1 dan replikasi 2 mengalami peningkatan yang signifikan ditinjau dari uji t dengan nilai klasikal <g> yang diperoleh sebesar 0,62; 0,65; dan 0,59 yang berada pada kategori sedang. Penerapan pembelajaran fisika berbasis e-learning yang diberikan pada ketiga kelas memberikan hasil yang konsisten. Respons siswa pada kelas eksperimen, replikasi 1 dan replikasi 2 menunjukkan nilai positif dengan persentase rata-rata pada masing-masing kelas adalah 83,16%, 84,77% dan 84,70% dengan kategori sangat baik. Persentase nilai rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen, replikasi 1 dan replikasi 2 sebesar 92,50%, 92,50%, dan 93,33% dalam kategori sangat baik. Kendala yang dihadapi selama penelitian adalah kedisiplinan siswa yang masih kurang dan gangguan koneksi pada media yang digunakan. Dengan demikian dapat diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran fisika berbasis e-learning  dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Pembelajaran Fisika, E-learning, Fluida Statis.

 

Abstract

 

This research aims to describe the results of implementation of learning physics based e-learning, student learning outcome, student’s responses, student’s activities, and obstacles during the research. This type of the research is descriptive quantitative research. The method used is quasi experiments with the design of “One Group Pre-test and Postest Design”. The research was conducted at SMAN 1 Krembung Sidoarjo on March – April of 2015. The subject of research is student of X class which consist of X MIA 3 (33 students), X MIA 4 (33 students), and X MIA 7 (34 students) in second semester of academic year 2014/2015. Data collection techniques used are observation, the provision of about pre-test and post-test, and questionaire. Analysis of data used by t-test, n-gain score, and ANAVA test to know increasing student learning outcome of the treatment that has been given to the matter of static fluid. The results obtained shows the result of learning physics based e-learning in experiment class, first replication, and second replication are 91,67%, 92,50%, and 93,75% in very good category in terms of a rating score. Student learning outcome in experiment class, first replication class and second replication class shows the significant increasing results which has been analyzed by t-test with the classical value <g> acquired for 0,62; 0,65; and 0,59 in medium category.  Implementation of learning physics based e-learning that is given to the three classes gives consistent results. Student responses in experiment class, first replication class and second replication class shows positive results with average percentage in each class are 83,16%, 84,77% and 84,70% in very good category. The percentage of average student activities value in experiment class, first replication class and second replication class which are 92,50%, 92,50% and 93,30% in very good category. The obstacles encountered during the research are student’s discipline is not good and disruption connection of media used. Therefore, the conclusion that learning physics based e-learning can be increasing student learning outcome.

 

Keyword: Physics learning, e-learning, static fluid.

Published
2015-07-05
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 100