Pengaruh Strategi Pembelajaran Question Student Have (QSH) dalam Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Manyar Gresik

  • ENY JULIATIN BM

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Manyar Gresik diketahui bahwa siswa di sekolah tersebut kurang aktif dalam pembelajaran, siswa cenderung hanya mendengarkan dan mencatat tanpa menunjukkan partisipasi atau mengajukan pertanyaan. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan strategi belajar Question Student Have (QSH) dalam pembelajaran Fisika materi Fluida statis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran QSH dalam pendekatan saintifik pada materi fluida statis dan mendiskripsikanketerlaksanaan pembelajaran strategi pembelajaran QSH dalam pendekatan saintifik pada materi fluida statis. Rancangan penelitian ini adalah control group pree-testpost-testdesign. Populasi penelitian adalah kelas X MIA 1, X MIA 4, dan X MIA 5 SMA Negeri 1 Manyar. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan teknik  purposif.  Uji normalitas dan homogenitas didapatkan bahwa kelas X MIA 1 tidak terdistribusi normal sedangkan X MIA 4 dan X MIA 5 terdistribusi normal dengan varian yang homogen karena x2hitung< x2tabel, sehingga diperoleh satu kelas eksperimen (X MIA 4) dan satu kelas kontrol (X MIA 5) sebagai sampel. Berdasarkan hasil analisis  post-test dengan menggunakan uji-t dua pihak didapatkan thitung sebesar 2,45 dengan ttabel sebesar 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Nilai thitung pada uji-t satu pihak adalah 2,41 dengan ttabel sebesar 1,70. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar  kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol karena thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran QSH dalam pendekatan saintifik berpengaruh posistif terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis. Hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan strategi pembelajaran QSH lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran yang diterapkan di sekolah.Keterlaksanaan pembelajaran dengan strategi pembelajaran QSH terlaksana diperoleh rata-rata 3,15 dengan kriteria sangat baik.

 

Kata kunci:Strategi Pembelajaran Question Student Have , Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar.

 

 

Abstract

Based on result of observation by the author at SMA State 1 Manyar Gresik, it is known that students at this school are less active in learning activity. Students tend to listen and note only without exhibit participation or ask questions.  Therefore, the author seeks to apply the Question Student Have (QSH) learning strategy in learning physics subject of static fluid. Aim of this research is to descript influence of the QSH in statistical approach on subject of static fluid and to descript the fruitfulness of the QSH learning strategy in statistical approach on subject of static fluid. Design of this research is control group pretest posttest design. Population of this research is class X MIA 1, X MIA 4, and X MIA 5 SMA State 1 Manyar Gresik.  Taken from normality and homogeneity tests, class X MIA 1 is not normally distributed while X MIA 4 and X MIA 5 is normally distributed with homogeneous variance because x2calculated < x2table so  one experiment class (X MIA 4) and one control class (X MIA 5) is obtained to be sample of research.  Based on posttest analysis two parties t-test, it is obtained that tcalculated is 2.45 with ttable is 2.00. This indicates that mean of learning outcomes of the experiment class is different with control class. Score of tcalculated on t-test is 2.41 with table is 1.70. This indicates that mean of learning outcomes of the experiment class is higher than of the control class because tcalculated>ttable. Then it can be concluded that the QSH learning strategy in scientific approach have positive influences to the student learning outcomes on subject of static fluid. Student learning outcomes of experiment class that apply the QSH learning strategy is better than of control class that use standard learning.  The fruitfulness of learning with QSH learning strategy obtains mean score of 3.15 with criterion of very good.

 

Keywords: Question Student Have-Learning Strategy, Scientific Approach, Learning Outcomes

Published
2015-07-05
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 26