Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT(Team Game Tournament) Disertai Tugas Terbuka (Open Ended) yang Diorientasikan dengan Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 15 Surabaya Topik Fluida Statis

  • MILA SARIYANTI BM

Abstract

Penerapan kurikulum yang bertujuan untuk membentuk siswa yang beriman, aktif, kreatif, dan inovatif menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah yang telah menerapkan kurikulum tersebut. Berdasarkan hasil studi awal dalam bentuk wawancara dan penyebaran angket,  diperoleh bahwa siswa tidak dapat memahami materi, jenuh, dan hasil belajar rendah. Hal itu menunjukkan bahwa penerapan kurikulum 2013 pada kelas X SMAN 15 Surabaya tidak sesuai harapan. Alternatif solusi untuk meningkatkan hasil belajar dan penguasaan materi adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan tugas terbuka atau open ended problem. Penelitian kuantitatif ini menggunakan 2 sampel yang dipilih secara acak. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa keterlaksanaan kegiatan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) adalah dalam kategori baik. Hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal itu dibuktikan dengan hasil analisis uji-t dua pihak yang menyatakan bahwa thitung > ttabel, dengan thitung sebesar 7,23 dan ttabel sebesar 2,00. Pernyataan tersebut juga diperkuat oleh hasil analisis uji-t satu pihak yang menyimpulkan pula bahwa thitung > ttabel, dengan thitung = 7,23 dan ttabel = 1,67. Berdasarkan kesimpulan analisis uji-t satu pihak, ditunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Respons siswa terhadap penerapan pembelaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dan pemberian tugas terbuka adalah sangat baik.

 

Kata Kunci          : Kooperatif tipe TGT, Tugas Terbuka atau Open Ended, Hasil Belajar Siswa.

 

Abstrak

The implementation of curriculum 2013 which aims to form student who are faithful, active, creative, and innovative is a challenge for school that have implemented that curriculum. Based on the result of initial studies in the interviews’s form and questionnaires, found that student can’t understand the subject, saturated, and result’s studies is low. It show that the implementation of curriculum 2013 to 10th grade SMAN 15 Surabaya don’t appropriate expectation. Solution’s alternative for increasing learning result and mastery’s material is the implementation of cooperative learning model type of TGT (Teams Game Tournament) with open task or open ended problem. This quantitative study use two sample which is selected randomly. Based on the result of the study, found that cooperative learning type of TGT (Team Games Tournament) activities is in good category. The learning result which is obtained, shows that there is difference between the experimental class and the control class. That is evidenced by the results of two party t-test analysis which explain that thitung> ttabel, with thitung is 7,23 and ttabel is 2,00. The statement also confirmed by the results of one party t-test analysis which conclude that thitung>ttabel too, with thitung = 7.23 and ttabel = 1.67. Based on one party t-test analysis, obtained that the average value of the experimental class is higher than the control class. Student response to the implementation of cooperative learning TGT (Teams Games Tournament) and giving the open tasks is very well.

 

Keywords          : Cooperative TGT, Student Learning Outcomes, Open ended task.

Published
2015-07-05
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 1269