Pengembangan Buku Siswa Bermuatan Spiritual Pada Materi Tata Surya Kelas VIII SMP/MTs

  • YUNI ISTIFADAH BM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan buku siswa pada materi tata surya bermuatan spiritual dari segi layak, efektif dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan pokok yakni analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Instrument yang digunakan yaitu : (1) lembar validasi oleh ahli materi fisika dan agama islam, (2) angket keefektifan dari tes hasil belajar soal-soal evaluasi di dalam buku, dan (3) angket kepraktisan diperoleh dari angket respons siswa dan angket respon guru. Media buku siswa dinilai layak apabila mendapatkan persentase penilaian berkategori baik dari para validator dan mendapat respons baik dari siswa ≥61%. Persentase kelayakan buku siswa yang dikembangkan sebesar 86% untuk kriteria materi/isi yang berkategori sangat layak, kriteria penyajian sebesar 85% yang berkategori sangat layak, kriteria kebahasaan memperoleh persentase sebesar 87% dan untuk kriteria spiritual sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Sedangkan dari segi keefektifan, buku dinyatakan efektif berdasarkan ketuntasan belajar siswa diatas nilai kkm dan dari aspek kepraktisan buku dinyatakan praktis dari respons siswa sebesar 99,33% yang termasuk sangat layak dan kepraktisan dari guru sebesar 87,5%.

 

Kata kunci: Buku Siswa, Spiritual, Tata Surya

 

Abstract

Purpose of this research is to describe validity of student’s book at solar system matter which integrated spiritual from validity, effective and practice. This research is ADDIE, which containing 5 process, they are analysis, design, development, implementation and evaluation. This research used instrument : (1) validation sheet physics expert and and spiritual expert. (2) Effectiveness questionnaire from evaluation test in the book and (3) practical questionnaire that obtained by student’s responds questionnaire and teacher’s respond questionnaire. The book is valid if the percentage score is good from validator and get respon positive from student =61%. Percentage of validity the book is 86% for matter criteria is very valid, presentation criteria is 85% which very valid, language criteria get 87% and spiritual criteria get 90% is very valid. Beside that from effectiveness, the book is effective if  the students get score greater than minimum completeness criteria. The book is practice based on student’s responds get 99,33% which is very valid and teacher’s responds get 87,5%.

 

Keywords: Student’s book, Spiritual and Solar System

Published
2015-07-05
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 32