PENGEMBANGAN ALAT PERAGA RESULTAN GAYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI POKOK KESETIMBANGAN PARTIKEL

  • MUH IRSYADSYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan alat peraga resultan gaya sebagai media pembelajaran fisika materi pokok kesetimbangan partikel. Tujuan khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan kelayakan alat peraga, hasil belajar siswa setelah menggunakan alat peraga, dan respon siswa terhadap penggunaan alat peraga. Alat peraga yang dikembangkan ini merupakan alat yang mampu membangun pemahaman siswa terhadap materi kesetimbangan partikel. Pada alat peraga resultan gaya ini terdiri dari meja busur, katrol, cincin, tali, beban yang bisa dimanipulasi, dan timbangan digital. Berdasarkan percobaan tersebut, akan diperoleh data yang menyatakan persamaan untuk kesetimbangan suatu benda. Penelitian ini dilaksanakan terhadap 15 siswa kelas XI SMA Negeri Kesamben yang direplikasi sebanyak 3 kali. Sesuai dengan hasil validasi kepada 2 dosen dan 1 orang guru fisika, didapatkan kelayakan alat peraga sebesar 88,33% dan kelayakan LKS sebesar 84,67%, keduanya tergolong dalam kriteria sangat baik. Hasil uji coba pada 3 kelas diperoleh hasil belajar siswa pada tiga kelas sebesar 83,78; 82,22; dan 81,67 dengan nilai gain ternormalisasi sebesar 0,31 yang masuk klasifikasi sedang. Respon siswa yang diperoleh dari angket menunjukkan persentase sebesar 81,67% yang tergolong dalam kriteria sangat positif.

 

Kata Kunci: Alat peraga, resultan gaya, kesetimbangan, pembelajaran fisika

 

Abstract

This research aimed to describe the result of force resultant modeling tool development as physics learning medium in the basic material particle equilibrium. The special purposes of this research are to describe the modeling tool’s worthiness, the student’s learning results after using the modeling tool, and the student’s responses towards the using of the modeling tool. The modeling tool developed in this research is able to build the student’s understanding towards particle equilibrium as the material. This force resultant modeling tool consist of an arch desk, a tackle, a ring, a rope, load that can be manipulated and digital scales. Based on the trial, it will be acquired some data mentioning the equality for an object’s equilibrium. This research is done towards 15 students of the eleventh graders at Kesamben Senior High School (State School) which is replicated for 3 times. In accordance with the validity result towards 2 physics lectures and one physics teacher, it is acquired 88,33% for the modeling tool’s worthiness, and 84,67% for the worthiness of student’s working sheet, both of them belong to very good criteria. The trial result acquired from 3 classes as the student’s learning results are 83,78; 82,22; and 81,67, the normalized gain value of 0.31 which is classed as moderate. The student’s responses acquired from the questionnaire show the percentage of 81,67% which is included in a very positive criteria.

 

Keywords: Modeling tool, force resultant, equilibrium, physics learning  

Published
2015-07-05
Abstract Views: 174
PDF Downloads: 209